repository ptiq

Sikap Sosial Dalam Kurikulum 2013

Sarnoto, Ahmad Zain (2017) Sikap Sosial Dalam Kurikulum 2013. Madani Institute: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial, dan Buadaya, 6 (1). ISSN 2776-978X

[thumbnail of Hasil Cek Plagiarism] Text (Hasil Cek Plagiarism)
41 Hasil Cek Plagiarism.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di madrasah/sekolah, selain prestasi belajar dalam bentuk nilai rapor dan prestasi akademik lainnya, perlu juga diperhatikan nilai-nilai sikap spiritual dan sikap sosial yang baik. Maka sepatutnya madrasah mempertahankan nilai-nilai keagamaan yang berimplikasi pada akhlaq siswa siswi. Madrasah semenjak dahulu telah menerapkan pendidikan yang mengedepankan akhlaq, yang dalam bahasa kurikulum 2013 adalah sikap spiritual dan sikap sosial. Berawal dari madrasahlah mata pelajaran agama mendapatkan porsi yang lebih banyak dibandingkan dengan sekolah umum lainnya, dan di madrasah pula lah setiap siswa-siswi serta warga madrasah lainnya sikap-sikap menjadi perhatian dan hal penting dalam sebuah proses pembelajaran

Sepatutnyalah di era kurikulum 2013 ini madrasah lebih unggul dari sekolah umum lainnya dalam hal penerapan sikap baik sikap spiritual maupun sikap sosial. Kurikulum 2013 memberi kemudahan dari sisi penilaian aspek-aspek sikap, dengan dibuatkan panduan sebagai alat penilaian sikap. Madrasah hendaknya lebih mendalam memperhatikan hal-hal yang berkenaan kondisi siswa secara pribadi, karena tingginya prestasi akademik sebaiknya sejalan dengan tingginya nilai sikap merek

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 375. Kurikulum
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 04 Dec 2022 06:04
Last Modified: 04 Dec 2022 06:04
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item
View Item