repository ptiq

Pemaknaan Jihad Secara Kontekstual (Aplikasi Metode Double Movement Fazlur Rahman)

Darmawan, Kasis (2022) Pemaknaan Jihad Secara Kontekstual (Aplikasi Metode Double Movement Fazlur Rahman). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-KASIS DARMAWAN-2019.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Kesimpulan besar tesis ini adalah: Pemaknaan jihad secara kontekstual dengan mengunakan metode double movement Fazlur Rahman, menghasilkan pemaknaan jihad yangkonstruktif dan aktual sesuai dengan konteks di masa sekarang ini.Sebelumnya, pemaknaan jihadlebih cenderungdipahami secara tekstual, yang menghasilkan pemahaman jihad yangsempit dengan memaknai sebatas perang. Jihadpada dasarnya merupakan sebuah upaya dan kesungguhan dalam mencurahkan segala usaha dan kemampuan untuk mencapai tujuan.Kontekstualisasi jihad dalam konteks ke-Indonesiaan sekaranginidapat dilakukan dalam bentukjihad ekonomi untukmenanggulangi masalah kemiskinan, jihad dalam bidang pendidikan untuk mengatasi masalah keterbelakangan pendidikan, jihad politik dengan menegakkan sistem demokrasi yang sehat dan adil, dan jihad moderasi beragama di tengah berkembangnya pemahaman radikalisme, ekstremisme atau terorisme.
Tesis ini memiliki kesamaan dengan Quraish Shihab, Nasaruddin Umar, Sultan Mansur, Yūsuf Qardâwi (L. 1926), Fazlur Rahman (w. 1964), Dawam Rahadjo (w. 2018), dan berbeda dengan Sayyid Qutb (w. 1966), Abu ‘Ala Al-Maududi (w. 1979), Hasan Al-Banna (w. 1949).
Penelitan ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif danstudi kepustakaan (Library Research).Metode analisa yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode tematik(maudhu’i) dan metode double movement Fazlur Rahman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 04 Feb 2023 08:30
Last Modified: 04 Feb 2023 08:30
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item
View Item