repository ptiq

Model Pembelajaran Learning By Doing Di Sekolah Alam Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Kasus Pada Sekolah Citra Alam Ciganjur)

Raihan, Nur (2018) Model Pembelajaran Learning By Doing Di Sekolah Alam Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Kasus Pada Sekolah Citra Alam Ciganjur). Doctoral thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Disertasi] Text (Naskah Disertasi)
2018-NUR RAIHAN-2014.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Kesimpulan dari disertasi ini adalah: model pembelajaran Learningby Doing dalam perspektif Al-Qur'an di Sekolah Alam Ciganjur yangmenggunakan beberapa pendekatan yaitu pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan untuk pengembangan diri siswa dengan pembiasaanrutin dan terprogram. Persiapan yang dilakukan adalah menyusun visi misi,dan program Sekolah Alam, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran,menyusun jadwal pelajaran dan menyiapkan dokumen persiapan mengajar.
Model pembelajaran tersebut diimplementasikan pada pembelajaran di
Sekolah melalu agenda kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan jasmani dan rohani serta ekstrakurikuler. Dalam disertasi ini penulis berbeda pandangan dengan beberapa penelitian sebelumnya seperti penelitian yang dilakukan oleh Namsuk Choi(2008), Aylin R. Martinez (2018), Jane Chang (2014), Karen Paisley (2018),Nathan Furman (2008), dan bahkan Penelitian yang dijalankan oleh MalcolmThorburn dan Aaron Marshall. Perbedaannya yaitu dalam fokus pembahasan,variable penelitian dan objek kajian, terutama pembahasan tentang modelpembelajaran berdasarkan Al-Quran dan merujuk kepada khazanah Islam,yang kemudian melahirkan sebuah teori Quranic Learning by Doing yangberkaca pada konsep baku dalam tradisi intelektual Islam seperti Ta’lim,Tarbiyah serta Ta’dib.
Disertasi ini memiliki kesamaan pendapat dengan beberapa tokoh yang disebutkan di atas. Penulis setuju dengan teori tentang tiga jenis pendidikan berbasis pengalaman menurut mereka yaitu: pengalaman sebagaiinteraksi, pengalaman yang utuh dan pengalaman yang praktis.
Hal menarik lain yang ditemukan dalam penelitian ini adalah, model pembelajaran yang dilaksanakan di Sekolah Alam adalah metode integrasipembelajaran yang memadukan ayat kauniyah dan ayat kauliyah sehinggapeserta didik mampu tumbuh menjadi khalifah di Bumi. Sehingga hasil nyadapat dilihat dari perspektif peserta didik yang menunjukkan kematangan interaksi dengan alam yang sangat baik. Peserta didik tidak hanya menguasaiaspek kognitif saja, tapi aspek psikomotorik dan afektif juga menunjukkanhasil yang sangat baik.
Temuan penulis dalam disertasi ini yaitu adanya model pembelajaran learning by doing perspektif Al-Quran dilakukan dalam bentuk Al-I’tibar,yaitu mengambil pelajaran dari alam, memikirkan, mensyukuri nikmat danmenggali rahasia alam ciptaan Allah; dan Al-Intifa’ yaitu mengambil manfaat dan mendayagunakan sebaik-baiknya; ketiga Al-Islah yaitu memperbaiki, menjaga kelestarian alam dan memeliharanya sesuai dengan maksud penciptaan-Nya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan field research (Penelitian Lapangan) dan observasi mendalam dengan stake holder berupa wawancara dan angket diSekolah Alam.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Program Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 04 Feb 2023 08:32
Last Modified: 04 Feb 2023 08:32
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item
View Item