repository ptiq

Hubungan Antara Budaya Organisasi dan Disiplin dengan Produktivitas Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Matraman Jakarta Timur

Fatimah, Nyai (2019) Hubungan Antara Budaya Organisasi dan Disiplin dengan Produktivitas Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Hubungan Antara Budaya Organisasi dan Disiplin dengan Produktivitas Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Matraman Jakarta Timur] Text (Hubungan Antara Budaya Organisasi dan Disiplin dengan Produktivitas Kerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Matraman Jakarta Timur)
2019-NYAI FATIMAH-2015.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait hubungan antara budaya organisasi, disiplin dengan produktivitas mengajar guru secara simultan maupun terpisah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru-guru Sekolah Dasar Swasta di kecamatan Matraman. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 93 responden dari total 120 populasi guru SD Swasta di Kecamatan Matraman pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tekhnik angket/ kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, terdapat hubungan yang positif, kuat dan signifikan antara budaya organisasidengan produktivitas mengajar guru dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,751 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 56,4%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ= 31.073 + 0,749 X1, dapat dibacabahwa setiap peningkatan satu unit skor budaya organisasi (X1) mempengaruhi peningkatan skor produktivitas mengajar guru (Y) sebesar 0,749 poin.
Kedua, terdapat hubungan yang positif, kuat dan signifikan antara disiplin dengan produktivitas mengajar guru dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,736 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 54,2 %.Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresiŶ= 31,073 + 0,749 X2, dapat dibacabahwa setiap peningkatan satu unit skor disiplin (X2) mempengaruhi peningkatan skor produktivitas mengajar guru (Y) sebesar 0,749 poin.
Ketiga, terdapat hubungan yang positif, kuat dan signifikan antara budaya organisasi dan disiplinsecara simultan dengan produktivitas mengajar guru.Koefisien korelasi (r) sebesar 0,815 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 66,4 %.Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 12,191 + 0,467 X1+ 0,427 X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap peningkatan satu unit skor independen budaya organisasi dan disiplin secara bersama-sama mempengaruhi peningkatan skor produktivitas mengajar0,894.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X6. Sosial dan Budaya Islam
200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam > 2X7.3205. Disiplin Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 23 Aug 2021 07:59
Last Modified: 23 Aug 2021 07:59
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item