repository ptiq

Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringandi Sekolah Kuttab Al Fatih Beji Depok

Nugraha, Asep Deni (2022) Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringandi Sekolah Kuttab Al Fatih Beji Depok. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-ASEP DENI NUGRAHA-2018.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringandi Sekolah Kuttab Al Fatih Beji Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dan alat pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru sebagai informan utama sebanyak 5 orang dan siswa sebagai informan pendukung sebanyak 10 orang di Sekolah Kuttab Al Fatih Beji Depok. Hasil penelitian ini menunjukkan keefektifan pembelajaran dalam jaringan yaitu pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa dibatasi waktu. Keeketifan pendidikan kuttab diantaranya adalah kuttab sesuai dengan konsep pendidikan yang dibangun oleh Rasulullah, lebih bebas dalam membuat kurikulum sesuai dengan visi misi; diakui secara syar’i melawan sekulerisme, mengembalikan peran orang tua sebagai pendidik utama; selaras dengan tujuan pendidikan Nasional, menjadi solusi problematika pendidikan yang ada, yaitu adab atau karakter; lebih efektif, yaitu pendidikan diniyah lebih dominan, sedangkan ilmu umum diambil yang bermanfaat saja (ulumun nafi’ah), lebih fleksibel dalam mengatur manajemen sekolah, koordinasi dan evaluasi lebih mudah karena kesamaan visi dan mind set para pendidiknya; tidak disibukkan dengan administrasi yang banyak.
Kendala dalam implementasi pendidikan masa pendemi Covid-19 adalah adanya pengurangan waktu di masa pandemi menyebabkan capaian kurikulum disesuaikan kondisi; ada nilai yang hilang saat pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan; pemahaman murid yang berbeda-beda; kendala sinyal dan perangkat dalam jaringan; tidak bisa mengontrol langsung implementasi iman dan adab anak; Adapun solusi dari kendala tersebut adalah pemilihan materi yang akan disampaikan disesuaikan dengan kondisi; kegiatan pembelajaran melalui zoom meeting supaya bisa langsung bertatap muka; membuat kelompok belajar atau home visit; mengupayakan adanya pembelajaran tatap muka; kontrol amal bekerjasama dengan orang tua dengan check list dengan google form.
Penerapan pembelajaran dalam jaringan atau online di Kuttab Al-Fatih Beji meliputi: pembuatan video dan audio KBM kelas iman, video materi Al-Qur’an, adab, dan motivasi untuk pembelajaran kelas Al-Qur’an, video materi olahraga, video materi ikrar, video materi kisah dan tasmi’serta pembelajaran dalam jaringan secara langsung lewat zoom meeting. Dilakukan juga pembelajaran ofline atau tatap muka secara langsung, namun hanya sepekan sekali untuk kelas Kuttab Awal dan dua pekan sekali untuk kelas Qonuni.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 11 Mar 2023 07:42
Last Modified: 11 Mar 2023 07:42
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item
View Item