repository ptiq

Urgensi Manajemenkelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Di Sekolah Menengah Pertama Al-Huda Kebon Jeruk Jakarta Barat)

Susanto, Slamet (2023) Urgensi Manajemenkelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Di Sekolah Menengah Pertama Al-Huda Kebon Jeruk Jakarta Barat). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-SLAMET SUSANTO-2020.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penerapan manajemen kelas merupakan suatu proses untuk menciptakan danmempertahankan suasana kelas agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsungsecara efektif dan efisien. Dalam penerapannya tentu juga dibutuhkan berbagai opsipendekatan yang tepat dalam kegiatan manajemen kelas dan setiap guru sebagaiseorang manajer kelas dituntut untuk dapat memahami serta menguasai berbagaipendekatan tersebut sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif danefisien dan juga tentunya akan berdampak kepada peningkatan minat belajarsiswa. Minat merupakan dorongan dan semangat dari setiap individu untukmelakukan sesuatu dengan bersungguh-sungguh. Oleh sebab itu minat ini sangatdiperlukan dalam kegiatan belajar, sebab seseorang yang tidak mempunyai minat dalam belajar, tidak akan melakukan aktivitas belajar dengan efektif.Tujuan penelitian Tesis ini adalahpendekatan manajemenkelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda dan implikasi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif. Subjekdalam penelitian ini adalah Wali Kelas dan dua orang Guru matapelajaran yangterdiri dari Guru bahasa indonesia dan Guru matematika. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen kelas baik berupa pengaturan siswa maupun fasilitas fisik di dalam kelas di SMP Al-Huda sudah baik. Pendekatan manajemen kelas yang mampu meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda yaitu adalah pendekatan permisif,pendekatan instruksional, pendekatan perubahan perilaku, pendekatan sosioemosional dan pendekatan kerja kelompok. Sedangkan pendekatan otoriter danpendekatan intimidasi tidak terlalu berpengaruh terhadap minat belajar siswa sedangkan pendekatan plural dan elektis sangat tergantung kepada waktu dan kondisi saat aplikasinya dan implikasi pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda juga sudahberjalan dengan baik dan benar sesuai prosedur manajemen kelas, baik secara teorimaupun praktiknya di lapangan. Dan juga memberikan perubahan energi bagi siswa sehingga mereka lebih cenderung semangat dan minat dalam mengikutikegiatan pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 03 Apr 2023 06:06
Last Modified: 03 Apr 2023 06:06
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item
View Item