Sodikun; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pembelajaran Al-Qur’an Metode “Qiro’ati” dan Motivasi Belajar Dengan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di SDIT Daarul Hasanah Pancoran Jakarta Selatan.


Kata Kunci : Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an, Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran Metode Qiro’ati.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empiric mengenai hubungan Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiro’ati dan Motivasi Belajar, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Daarul Hasanah.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di SDIT Daarul Hasanah dengan melibatkan siswa Kelas Lima dan Enam. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil pengujian hipotesis sebagai berikut:
Pertama, terdapat hubungan positif dan sedang antara Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiro’ati dengan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an SDIT Daarul Hasanah. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,440 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,193 yang berarti bahwa 19,3 % variansi Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an SDIT Daarul Hasanah melalui persamaan regresi : Ŷ = 57.277+0.420 X1 yang signifikan pada taraf alpha 0,05.
Kedua, terdapat hubungan positif dan sedang antara Motivasi Belajar dengan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an SDIT Daarul Hasanah. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,621 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,385 yang berarti bahwa 38,5 % variansi Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an SDIT Daarul Hasanah dapat di hubungkan oleh Motivasi Belajar melalui persamaan regresi : Ŷ = 37,960 + 0,610 X2 yang signifikan pada taraf alpha 0,05.
Ketiga, terdapat hubungan positif dan sedang antara Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiro’ati dan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an SDIT Daarul Hasanah. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,679 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2= 0,461 yang berarti bahwa 46,1 % variansi Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an SDIT Daarul Hasanah dapat dihubungkan oleh Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiro’ati dan Motivasi Belajar melalui persamaan regresi : Ŷ = 27,193+ 0,156 X1 + 0,539 X2 yang signifikan pada taraf alpha 0,05.
Temuan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif bagi pembinaan Pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiro’ati dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Daarul Hasanah pada generasi yang ada dan generasi selanjutnya.

Sodikun - Personal Name
Dr. Akhmad Shunhaji, M.Pd.I.
NONE
Text
Indonesia
2015
Program Pascasarjana
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Sodikun. (2015).Hubungan Pembelajaran Al-Qur’an Metode “Qiro’ati” dan Motivasi Belajar Dengan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di SDIT Daarul Hasanah Pancoran Jakarta Selatan..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd