Suriyadi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Budaya Sekolah Terhadap Akhlak Siswa MTs. Al-Kahfi Rambutan Ciracas Jakarta Timur.


Kata Kunci :Akhlak Siswa, Kecerdasan Emosional dan Budaya Sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empiricmengenai hubungan Kecerdasan Emosional dan Budaya Sekolah, baik secarasendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan Akhlak siswaMTs. Al-Kahfi.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatankorelasional yang di laksanakan di MTs. Al-Kahfidengan melibatkansiswa Kelas, Tujuh, Delapan dan Sembilan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara, angket, dan studi dokumenter.Analisis data menggunakan analisiskorelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil pengujianhipotesis sebagai berikut:
Pertama, terdapat hubungan positif dan sedang antara Kecerdasan Emosional dengan Akhlak SiswaMTs. Al-Kahfi. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,526maka dapat diperoleh nilaikoefisien determinasinya sebesar R2 = 0,276yang berarti bahwa 27,6 % variansiAkhlak SiswaMTs. Al-Kahfimelalui persamaan regresi : Ŷ = 59.451+0.503 X1yang signifikanpada taraf alpha 0,05.
Kedua, terdapat hubungan positif dan sedang antara Budaya Sekolahdengan Akhlak SiswaMTs. Al-Kahfi. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,386 maka dapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2 = 0,149 yang berarti bahwa 14,9 % variansi Akhlak SiswaMTs. Al-Kahfi dapat di hubungkan oleh Budaya Sekolah melalui persamaan regresi : Ŷ = 71,840 + 0,351 X2yang signifikan pada taraf alpha 0,05.
Ketiga, terdapat hubungan positif dan sedang antara kecerdasan emosional dan budaya sekolah dengan AkhlaksiswaMTs. Al-Kahfi. Selanjutnya karena koefisien korelasi r = 0,554makadapat diperoleh nilai koefisien determinasinya sebesar R2= 0,307yang berarti bahwa30,7 % variansi Akhlak SiswaMTs. Al-Kahfidapat dihubungkanoleh Kecerdasan Emosional dan Budaya Sekolah melalui persamaan regresi : Ŷ = 46.792+ 0,422 X1 + 0,177 X2yang signifikan pada taraf alpha 0,05.
Temuan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif bagipembinaan kecerdasan emosional dan budaya sekolahterhadap AkhlaksiswaMTs. Al-Kahfipada generasi yang ada dan generasi selanjutnya.


Suriyadi - Personal Name
Dr. Akhmad Shunhaji. M.Pd.I
NONE
Text
Indonesia
2015
Program Pascasarjana
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Suriyadi. (2015).Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Budaya Sekolah Terhadap Akhlak Siswa MTs. Al-Kahfi Rambutan Ciracas Jakarta Timur..(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd