Juhda Rahlia; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

JIHAD DALAM AL-QUR'AN STUDI ANALISIS JIHAD ISIS


ABSTRAK
Wacana radikalisme dan ektremisme dalam setiap agama selalu menghadirkan nama Tuhan. Hal tersebut dapat dimengerti karena agama memiliki otoritas yang kuat di atas berbagai kekuatan lain. Termasuk Islam, yang sejak awal kelahirannya mendeklarasikan diri sebagai agama yang sarat dengan nilai-nilai kedamaian, ajaran-ajarannya oleh sebagian orang kerap kali dijadikan justifikasi atas berbagai tindakan kekerasan. Salah satu penyebabnya adalah pemahaman yang keliru atas ayat-ayat alQur’an dan juga hadis Nabi tentang jihad. Islam merupakan Agama yang menyeru kepada kebaikan, dengan jihad Islam menegakkan keadilan dan memerangi kezaliman, namun dalam berjihad Islam memberikan peraturan-peraturan yang mesti dipatuhi sesuai dengan Al-Quran dan hadis. Namun Jihad yang dilakukan kelompok ISIS telah keluar dari aturan ajaran Agama Islam, dimana jihad yang digunakan oleh ISIS ini memberi dampak yang sangat buruk bagi umat Islam itu sendiri. ISIS muncul sebagai fitnah Agama Islam, mereka mengadvokasi kekerasan dengan dalih agama. Sehingga m Skripsi ini hadir sebagai respon terhadap fenomena ISIS, dimana penulis berusaha untuk mengupas informsi tentang ISIS, dari sejarah berdirinya, eksistensinya, ideologi jihad serta propagandanya. Disamping itu skripsi ini akan menyuguhkan juga data tentang term-term jihad dalam Al-Qur’an dan Hadis melalui sudut pandang para penafsir moderat sebagai tanggapan terhadap pemahaman jihad ISIS.
Penulis menggunakan library reseach dalam pengolahan data. Jihad ISIS sangat berbahaya, membenarkan kekerasan, membunuh warga sipil dan separatis, sangat bertentangan dengan nilai-nilai jihad dalam Al-Qur’an, tujuan utama jihad adalah human welfare dan bukan warfare, maka jihad seharusnya menghadirkan sebuah kedamaian, bukan sebaliknya, menghadirkan sebuah teror.
Juhda Rahlia - Personal Name
Ansor Bahary, MA.
USH-IAT-2017-0352
Ilmu al-Quran dan Tafsir
Text
Indonesia
PTIQ Press
2017
Fakultas Ushuluddin
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Juhda Rahlia. (2017).JIHAD DALAM AL-QUR'AN STUDI ANALISIS JIHAD ISIS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd