Muhammad Kamil Mukhtar; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

WAWASAN AL-QUR'AN TENTANG TOLONG MENOLONG (Perspektif Syekh Nawawi al-Bantani)


Abstraksi
Laporan skripsi ini berjudul “Wawasan Al-Qur’an Tentang Tolong Menolong Perspektif Syekh Nawawi Al-Bantani”. Diharapkan dapat memberikan wawasan luas kepada kita semua. Bagaimana konsep tolong menolong Syekh Nawawi terhadap ayat-ayat yang berkenaan dengan kehidupan yang berkualitas dalam Tafsir Marah Labid. Dan juga untuk orang yang beriman agar kita selalu tetap istiqamah menjalankan segala perintah Allah swt. Serta mengajak kepada kita semua untuk menunjukkan sikap saling peduli atau saling tolong menolong terhadap sesama manusia.
Syekh Nawawi sendiri dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an tentang tolong menolong yaitu dengan kita selalu berbuat kebaikan terhadap sesama manusia baik dia agamanya non-muslim ataupun muslim. Dan melarang untuk saling tolong menolong dalam berbuat kemaksiatan. Seperti kita diajarkan untuk berkata bohong, mencaci maki, berkelahi, bermusuhan dan lain sebagainya. Khususnya bagi orang yang muslim. Karena dalam ajaran Islam itu sendiri tidak mengajarkan atau menganjurkan untuk saling tolong menolong dalam berbuat kemungkaran atau kemaksiatan.
Skripsi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data pada penelitian ini meliputi data primer yaitu data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti dari sumber utamanya, dan sekunder yaitu data yang diambil dari artikel, jurnal, dokumen dan lainnya. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menelaah buku. Buku bacaan yang berkaitan dengan tema skripsi. Analisis data dilakukan dengan mengatur urutan data, mengorganisirkannya ke dalam suatu pola, kategori dan satuan uraian dasar.
Pembahasan dalam skripsi ini meliputi bab pertama berisi tentang pendahuluan. Bab kedua membahas tentang biografi Syekh Nawawi serta membahas profil kitab tafsirnya Syekh Nawawi yaitu Tafsir Marah Labid. Bab ketiga membahas tentang konsep tolong menolong. Bab keempat merupakan bagian yang terakhir yaitu berisi tentang penutup yang mencakup kesimpulan dari penelitian ini sekaligus jawaban dari pertanyaan utama dan saran-saran yang bersifat konstruktif akademis.
Semoga dengan adanya skripsi ini kita mendapatkan kesimpulan yang bagus juga bermanfaat bagi banyak manusia di muka bumi ini. Dan bisa memiliki hidup yang berkualitas menurut pandangan Al-Qur’an serta menurut penafsiran Syekh Nawawi Al-Bantani dalam tafsirnya Marah Labid.

Muhammad Kamil Mukhtar - Personal Name
Masrur Ikhwan, MA
USH-IAT-2017-0422
Ilmu al-Quran dan Tafsir
Text
Indonesia
PTIQ Press
2017
Fakultas Ushuluddin
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Muhammad Kamil Mukhtar. (2017).WAWASAN AL-QUR'AN TENTANG TOLONG MENOLONG (Perspektif Syekh Nawawi al-Bantani).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd