Moh. Sani Abdul Malik; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

I'JAZ LUGHAWI DALAM KISAH AL-QUR'AN (Studi Analisis Ayat-ayat Mutasyabih Lafzi pada Kisah Nabi Musa)


Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan mengenai i'jaz al-Quran yang dititikberatkan pada aspek kebahasaannya. Kajian ini mencoba mengaplikasikan teori tersebut terhadap kisah Nabi Musa dalam al-Qur'an guna membuktikan bahwa pada setiap perbedaan pada ayat yang serupa dan sering dianggap sebagai pengulangan terdapat rahasia yang mempresentasikan sisi kemukjizatan al-Qur'an.
Dengan menggunakan metode deskriptis-analitis, penulis menyajikan hasil penelitian dalam berbagai penjelasan mengenai ketepatan pilihan dan penempatan kata-kata yang berbeda pada setia ayat yang serupa. Dalam menganalisa ayat-ayat tersebut, penulis mengsintesakan antara metode maudu'i, tahlili lughawi, dan muqarin lafzi.
Tujuan penelitian ini secara umum ialah untuk mengetahui dan menginssafi berbagai rahasia yang terdapat pada ayat-ayat yang serupa, sehingga kemukjizatan dari segi bahasa dalam al-Qur'an masih relevan untuk diperbincangkan di masa sekarang, serta tidak dianggap usang.
Pada akhirnya penelitian ini menghasilkan suatu hasil yang cukup menggambarkan betapa luar biasanya nilai I'jaz lughawi pada ayat-ayat tersebut serta dapat disimpulkan bahwa kemukjizatan al-Qur'an terdapat pada setiap tempat dalam ayat dan tidak terbatas pada beberapa ayat saja.
Moh. Sani Abdul Malik - Personal Name
Dr. H. Ahmad Husnul Hakim, MA.
USH-IAT-2014-0272
NONE
Text
Indonesia
PTIQ Press
2014
Fakultas Ushuluddin
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Moh. Sani Abdul Malik. (2014).I'JAZ LUGHAWI DALAM KISAH AL-QUR'AN (Studi Analisis Ayat-ayat Mutasyabih Lafzi pada Kisah Nabi Musa).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd