Badri; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KONSEP AL-QUR'AN TENTANG PROSES KEJADIAN MANUSIA (Analisis Penafsiran M. Quraish Shihab terhadap Ayat-ayat Proses Kejadian Manusia dalam Tafsir Al-Mishbah)


Kajian tafsir ilmi memang sangat dibutuhkan untuk saat-saat ini, karena memang al-qur'an tidak hanya diturunkan untuk menjadi petunjuk manusia dari sisi hukum, akidah, dan tauhid, tetapi juga menjadi petunjuk dari segi kemukjizatan ilmiah al-Qur'an sendiri. Quraish Shihab didalam tafsir al Mishbah mencoba menjelaskan bagaimanapandangan dia dalam melihat ayat-ayat kauniyah.
Al-Qur'an hanya menjelaskan ayat-ayat kauniyah secara simbolitas dan global. terutama berkaitan dengan ayat-ayat proses kejadian manusia. Ia tidak dijelaskan secara rinci dan sistematis, hanya ilustrasi. Oleh sebab itu al-Qur'an merupakan kitab petunjuk (huda), ia hanya menjelaskan secara global saja, setelah itu manusia yang mengembangkan apa yang disampaikan al-Quran.
Diskursus tentang manusia konsentrasi pada proses kejadiannya, merupakan suatu permasalahan up to date yang mungkin menjadi objek kajian era ini. Contoh saja dalam menafsirkan surat al-Mu;minun ayat 12-14 Quraish shihab menafsirkan bahwa manusia mengalami kejadian melalui beberapa fase dalam proses janin didalam rahim. Dengan menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan kata dengan kata al-insan adalah manusia, meskipun ada beberapa perbedaan dikalangan ulama tafsir. Dengan menjelaskan bahwa manusia mengalami beberapa fase diantaranya: pertama; fase kedua;fase alaqah ketiga;fase mudhgah keempat;fase izhama dan kelima;fase khalqan akhar(organisme).
Adam as, menurut surat al-Hijr merupakan manusia yang tercipta dari tanah. Dalam surah al-Nisa Quraish Shihab menjelaskan bahwa berita tentang asal hawa diciptakan dari tulang rusuk bengkok sebelah kiri nabi Adam as, adalah berita dari isra'iliyyat.
Tentang kejadian Isa as., Quraish Shihab menjelaskan kata ruhana para surah al-anbiya ayat 91 bahwasanya semua ada pada urusan allah. Jadi kejadian Isa as., termasuk salah satu mukjizat.
Badri - Personal Name
DR. Abdul Rauf, MA
USH-IAT-2014-0260
NONE
Text
Indonesia
PTIQ Press
2014
Fakultas Ushuluddin
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Badri. (2014).KONSEP AL-QUR'AN TENTANG PROSES KEJADIAN MANUSIA (Analisis Penafsiran M. Quraish Shihab terhadap Ayat-ayat Proses Kejadian Manusia dalam Tafsir Al-Mishbah).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd