K, Ahmad Nur (2023) Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Di SD Islami Darunnadwah Depok. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2023-AHMAD NUR K-2019.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur’an di SD Isalami Darunnadwah Depokdan mengidentifikasi uapaya-upaya guru SD Islami Darunnadwah untuk mutu pembelpembelajaran Al-Qur’an.
Hasil dari penelitian ini adalah lembaga pendidikan Islam yang dipimpin oleh kyai melalui jalur formal dan informal dengan tujuan mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam melalui kajian Kitab Kuning, dengan menggunakan moral agama sebagai pedoman perilaku umat sehari-hari. ditekankan. Dalam sistem boarding scool seluruh peserta didik wajib tinggal dalam satu asrma karena pendidk lebih muda mengontrol pengembanagan karakter peserta didik dalam kegiatan kurikuler, kokulikuler, dan ekstra kulikuler baik disekolah, asrama, dan lingkungan masyarakat di pantau oleh guru-guru selama 24 jam. kesesuain boarding scoolnya terleketak pada semua aktivitas siswa yang di programkan, di atur, dan dijadwal dengan jelas. Sementara aturan kelembagaannya syarat dengan muatan nilai-nilai moral.
Kreativitas merupakan salah satu potensi yang ada dalam diri manusia sebagai perwujudan dirinya, semakin dikembangkan maka akan semakin meningka, salah satunya dapat ditingkatkan melalui pendidikan yang tepat. Kreativitas bagi seorang guru sangatlah penting untuk meningkatkan daya ketertarikan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk dapat menciptakan kreativitas dalam mengembangkan sumber belajar yang menarik dalam menampilkan pembelajaran yang akan disampaikan agar siswa tidak merasa bosan dengan pembelajaran yang akan diberikan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 08 May 2023 04:45 |
Last Modified: | 08 May 2023 04:45 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1026 |