repository ptiq

Model Pembelajaran Sains SD Berbasis Al-Qur’an Di SDS Al-Hikmah Mampang Jakarta Selatan

Dahliah, Dahliah (2022) Model Pembelajaran Sains SD Berbasis Al-Qur’an Di SDS Al-Hikmah Mampang Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-DAHLIAH-2020.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptip , Adapun tehnik pengumpulan data penelitian ini diambil dari sumber data, peneliti menggunakan dokumentasi, maka dokumen atau catatanlah yang menjadi sumber data, sedangkan tehnik input dan analisis data dalam penelitian ini peneliti mengambil tehmik input dan analisis data melalui 3 yakni: observasi, Focus group Discution, dan studi dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh analisis Pertama, Srategi model pembelajaransains berbasis al-Qur’an bagi peserta didik di SDS Al Hikmah sudah terlihat baik dalam rancangan ,pelaksanaan ,dan evaluasi pembelajaran dimana strategi pembelajaran yang dipergunakan oleh guru sudah mempunyai acuan yang jelas alias bahwa RPP yang dipakai dalam pembelajaran selain kurikulum 2013 juga memakai kurikulum JSIT, dan ditunjang dengan media yang ada serta buku-buku pegangan yang sudah dikeluarkan oleh JSIT itu sendiri, . Kedua Capaian perkembangan hasil belajar sains berbasis al-Qur;an bagi peserta didik di SDS Al Hikmah,bila dilihat dari hasil analisis evaluasi baik tes tertulis maupun tes lisan, pada tema 8 menunjukkan hasil yang menggembirakan, dengan hasil rata-rata 85% di atas KKM ,KKM IPA=75 yakni menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa bumi serta kelangsungan hidup, KetigaPotensi sumber daya yang mendukung model pembelajaran sains berbasis Al-Qur’an di SDS Al Hikmah melalui guru-guru yang mempunyai kompetensi yang mumpuni dalam sains berbasis Al-Qur’an,dengan cara mereka mengeksplorasi media yaitu youtube serta media online lainnya yang berhubungan dengan sains berbasis Al-Qur’an, Keempat Implementasi model pembelajaran sains al-Qur’an terhadap sikap ilmiah dan religius dapat diwujudkan melalui penerapan materi sains dalam pembelajaran contohnya: Materi tentang Siklus
Air yang dimulai dari Penguapan ada pada surat Atthoriq: 11, An Nur 24: 43; Ar – Ra’d 13: 12, Ar – Rum 30: 24, Ar – Rum 30: 48, Fatir 35: 9; An – Naba 78: 14, Az – Zumar 39: 21, Hijr 15: 22, Al – A’raf 7: 57;
Implikasi penelitian ini adalah 1).Bagi guru sebaiknya melakukan model pembelajaran seperti peneliti lakukan agar mata pelajaran sains untuk siswa lebih mudah dipahami namun dapat pula memberi perenungan ayat-ayat kauniah terhadap siswa. 2) Bagi guru diharapkan agar mampu menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif agar siswa lebih tertarik dan tidak merasakan kebosanan selama proses pembelajaran pada mata pelajaran sains. 3) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar mengadakan penelitian dengan cakupan materi lainnya sesuai dengan model pembelajaran yang peneliti lakukan yakni dapat memberikan konstribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan khususnya dibidang sains tingkat Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 08 May 2023 04:48
Last Modified: 08 May 2023 05:01
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item
View Item