Yakub, Syukur (2020) Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an di SD Al-A’raf Indonesia, Kota Depok Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-SYUKUR YAKUB-2016.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (menjelaskan) penerapan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an shiddiq, amānah, fathanah, dan tabligh di SD Al-A’raf Indonesia, Kota Depok Jawa Barat, yang meliputi pola penerapan, strategi dan pendekatan, juga hambatan dan tantangan, serta capaian penerapan pendidikan karakter tersebut yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan pembiasaan di sekolah, dan dalam kegiatan school visit SD Al-A’raf Indonesia.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya adalah melalui hasil wawancara mendalam, observasi, dan kajian dokumen. Informan penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru mata pelajaran, siswa dan orang tua siswa. Untuk pemilihan informan peneliti melakukannya dengan cara acak (random sampling), yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber (data) dan triangulasi metode untuk menguji keabsahan data yang berhubungan dengan masalah penelitian yang diteliti.
Temuan dalam penelitian ini adalah 1) Penerapan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an (shiddiq, amānah, fathanah, dan tabligh) di SD Al-A’raf Indonesia dilakukan dengan pola pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an (shiddiq, amānah, fathanah, dan tabligh) ke dalam pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan keseharian di sekolah, dan dalam pemberian penugasan serta dalam school visit program SD Al-A’raf Indonesia. 2) Untuk menciptakan kondisi yang mendukung terlaksananya nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di SD Al-A’raf Indonesia. Sekolah menerapkan strategi peneladanan, pembiasaan, dan penugasan serta menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung terciptanya pendidikan karakter tersebut, dengan pendekatan psikologis. 3) Dampak atau pengaruh yang dirasakan dewan guru dan orang tua sebagai capaian dari penerapan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di SD Al-A’raf Indonesia adalah adanya perubahan sikap siswa kearah yang lebih baik dan positif. 4) Capaian dari hasil penerapan nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di SD Al-A’raf Indonesia dimuat dalam bentuk penilaian berupa angka-angka/huruf sebagai bahan penilaian akhir semester yang dituangkan dalam rapor. 5) Hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di SD Al-A’raf Indonesia adalah kurangnya kesadaran siswa disebabkan pada usia mereka yang masih cenderung labil, dan kurang optimalnya pengamatan guru dikarena jumlahnya yang banyak, juga kurang konsistenya guru dalam menegakkan peraturan serta kurangnya kepedulian orang tua terhadap kegiatan-kegiatan anaknya di sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 155. Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.2. Psikologi Individual, Karakter > 155.25. Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter 200. Agama > 207.5. Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 07:17 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 07:17 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/104 |