Madihah, Eneng Ima Siti (2020) Humanisme Pendidikan dalam Al-Qur’an. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-ENENG IMA SITI MAHDIHAH-2015.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan data-data kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian tentang Humanisme dalam pendidikan dalam al-Qur’an adalah sebagai berikut.
Pertama, Humanisme Pendidikan dalam Al-Qur’an lebih mendekatkan pada pembelajaran-pembelajaran yang memanusiakan manusia dengan mengarahkannya kepada student oriented. Merubah arah orientasi yang semula lebih kepadateacher center. Mengajak para pelaku pendidikan untuk menggali potensi dirinya, meminimalisir kekerasan dalam dunia pendidikan, serta meningkatkan partisipasi lingkungan untuk turut serta mensukseskan proses belajar mengajar.
Kedua, Al-Qur’an menawarkan pola ‘abd dan khalifah dalam pendekatan humanisme pendidikan ini. Dengan tanpa melepaskan perannya sebagai individu dan makhluk sosial yang memiliki tanggung jawab secara vertikal dengan Tuhannya atau yang dikenal dengan pendidikan yang religius dan teosentris. Hal ini dapat dilihat dari pola abd dan khalifah dalam penyebutan terhadap manusia yang terdidik dan bertanggung jawab. Adapun pendekatan yang dilakukan dalam pendidikan yang humanis dilakukan dengan menggunakan reward dan punishment. Tapi Al-Qur’an lebih mengedepankan reward daripada punishment. Selain itu, Al-Qur’an juga mengedepankan penghargaan terhadap potensi dan argumentasi melalui pendekatan dialogis dengan pola critical thingking
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 207.5. Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 09:14 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 09:14 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/105 |