Hariyadi, Muhammad (2022) Penanggulangan Antisosial dalam Dunia Pendidikan Perspektif Al-Qur’an. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 5 (1). ISSN 2685-1148
22 Check Turnitin.pdf
Download (3MB)
22 Peer Review.pdf
Download (1MB)
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menanggulangi gangguan kepribadian (antisosial) yang dalam perspektif al-Qur’an mencakup terma: nifāq, ya’s wa qunūth, thama’, ghadhab, dzulm, fasād, dan bukhl. Penanggulangan gangguan kepribadian (antisosial) ditemukan melalui tiga strategi ilmu kesehatan yaitu: preventif, kuratif dan rehabilatitif yang dikorelasikan dengan petunjuk Al-Qur’an. Gangguan kepribadian (antisosial) tersebut bermuara dari sifat keluh kesah (halū’an) pada diri manusia (QS. Al-Maarij/70:19-23) yang disebabkan oleh kurangnya aspek keimanan, pemahaman agama, dan kekosongan hati dari ajaran-ajaran agama. Dari sisi preventif, penanggulangan dilakukan melalui penguatan kehendak (political will) dan pengoptimalan peran tanggung jawab keluarga, sekolah serta masyarakat. Sedangkan dari sisi kuratif melalui terapi kepribadian dengan memperkuat keimanan dan terapi kepribadian dengan ibadah (shalat, puasa, haji, sabar, taubat dan dzikir). Sementara dari sisi rehabilitatif, ditempuh dengan cara terapi psikologis dan menghidupkan nilai-nilai agama.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Jurnal Online Universitas PTIQ Jakarta |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 10 May 2023 08:30 |
Last Modified: | 15 May 2023 06:11 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1054 |