repository ptiq

Penanggulangan Antisosial dalam Dunia Pendidikan Perspektif Al-Qur’an

Hariyadi, Muhammad (2022) Penanggulangan Antisosial dalam Dunia Pendidikan Perspektif Al-Qur’an. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 5 (1). ISSN 2685-1148

[thumbnail of Check Turnitin] Text (Check Turnitin)
22 Check Turnitin.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 22 Peer Review.pdf] Text
22 Peer Review.pdf

Download (1MB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menanggulangi gangguan kepribadian (antisosial) yang dalam perspektif al-Qur’an mencakup terma: nifāq, ya’s wa qunūth, thama’, ghadhab, dzulm, fasād, dan bukhl. Penanggulangan gangguan kepribadian (antisosial) ditemukan melalui tiga strategi ilmu kesehatan yaitu: preventif, kuratif dan rehabilatitif yang dikorelasikan dengan petunjuk Al-Qur’an. Gangguan kepribadian (antisosial) tersebut bermuara dari sifat keluh kesah (halū’an) pada diri manusia (QS. Al-Maarij/70:19-23) yang disebabkan oleh kurangnya aspek keimanan, pemahaman agama, dan kekosongan hati dari ajaran-ajaran agama. Dari sisi preventif, penanggulangan dilakukan melalui penguatan kehendak (political will) dan pengoptimalan peran tanggung jawab keluarga, sekolah serta masyarakat. Sedangkan dari sisi kuratif melalui terapi kepribadian dengan memperkuat keimanan dan terapi kepribadian dengan ibadah (shalat, puasa, haji, sabar, taubat dan dzikir). Sementara dari sisi rehabilitatif, ditempuh dengan cara terapi psikologis dan menghidupkan nilai-nilai agama.

Item Type: Article
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 10 May 2023 08:30
Last Modified: 15 May 2023 06:11
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item
View Item