Hariyadi, Muhammad (2022) Pendidikan Karakter Melalui Tasawuf Akhlaki Perspektif Al-Quran. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (1). ISSN 2581-1754
25 Check Turnitin.pdf
Download (3MB)
25 Peer Review.pdf
Download (1MB)
Abstract
Artikel ini menyimpulkan bahwa pengamalan maqamat dalam tasawuf akhlaki perspektif al-Quran memberi kontribusi terhadap pendidikan karakter, seperti maqam tobat mendidik karakter komitmen, maqam sabar mendidik karakter pengendalian diri, maqam zuhud mencegah karakter terlalu mencintai dunia, maqam tawakal mendidik karakter kesungguhan, maqam syukur mendidik karakter peduli sosial, maqam fakir mencegah karakter materialistis dan maqam rida mendidik karakter berlapang dada. Temuan ini mendukung pendapat Sayyed Hossein Nasr (2001) yang menyatakan bahwa pendidikan karakter yang didasarkan pada kerangka nilai agama semestinya melalui pendekatan sufistik dan menolak pendapat Aguste Comte (1857), Karl Marx (1883), Herbert Spencer (1903), Emile Durkheim (1917), Max Weber (1920) dan Sigmund Freud (1939) yang meyakini bahwa manusia mampu menyelesaikan persoalan kehidupan (termasuk persoalan karakter) tanpa melibatkan agama. Metode penelitian yang digunakan dalam disertasi adalah penelitian kualitatif melalui riset kepustakaan (library research).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 10 May 2023 08:40 |
Last Modified: | 15 May 2023 06:12 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1057 |