repository ptiq

Pengaruh Tanggung Jawab Orang Tua dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Akhlak Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Minhaj Tamansari Bogor

Marlius, Farizal Pengaruh Tanggung Jawab Orang Tua dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Akhlak Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Minhaj Tamansari Bogor. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4 (1). ISSN 2716-098X

[thumbnail of Check Turnitin] Text (Check Turnitin)
10 Check Turnitin.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab orang tua dan kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik, baik secara parsial/sendiri-sendiri maupun secara simultan/bersama-sama. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran data penelitian, dan tingkat perkembangan variabel penelitian. Untuk uji prasyarat analisis statistik, yaitu uji linearitas persamaan regresi menggunakan uji F, uji normalitas distribusi galat taksiran menggunakan uji Z dan uji homogenitas varian menggunakan uji heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis penelitian ke-1 dan 2 menggunakan uji t (parsial) dan untuk hipotesis ke-3 menggunakan uji F (simultan) dalam analisis regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Minhaj Tamansari, Bogor, sejumlah 80 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan tanggung jawab orang tua dan kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Minhaj Tamansari Bogor baik secara sendiri-sendiri maupun secara simultan.

Item Type: Article
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
Divisions: Jurnal Online Institut PTIQ Jakarta
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 01 Jun 2023 07:29
Last Modified: 01 Jun 2023 07:29
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item
View Item