Setiawan, Hadi (2020) Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an dan Tsaqafah Islamiyah dalam Pembentukan Karakter. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2020-HADI SETIAWAN-2017.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya keprihatinan terhadap permasalahan anak-anak didik saat ini, anak-anak sebagai generasi masa depan yang akan melanjutkan perjuangan para pendiri bangsa harus memiliki karakter yang baik yang dibangun melalui pendidikan yang terdapat disekolah. Istilah kenakalan remaja yang ramai saat ini harus diatasi sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai karakter yang baik. Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara menjadi salah satu dari banyaknya lembaga pendidikan yang menanamkan pendidikan karakter tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan di Sekolah hafizh Qur’an Anak Juara dengan tujuan dapat menganalisis dan membuktikan lebih dalam lagi tentang peran Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an dan Tsaqafah islamiyah dalam Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara Bekasi Jawa Barat.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data primer ini didapatkan melalui hasil wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari direktur, kepala sekolah, guru, peserta didik, orangtua dan hasil dari observasi. Sumber data skunder lainya didaptakan dari berbagai sumber diantaranya studi dokumen, naskah, arsip dan lain-lain. Berdasarkan hasil analisa peneliti bahwa aspek dalam kurikulum pembelajaran Al-Qur’an dan tsaqafah islmiyah tertuang dalam kegiatan peribadatan, (kegiatan shalat duha, tilawah Al-Qur’an dan shalat berjama’ah), tabungan amal shaleh, tadabbur alam, fasilitas sekolah dan kegiatan rutin sekolah yang dapat membentuk karakter anak.
Simpulan tesis ini, Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara mendesain program kurikulum pembelajaran Al-Qur’an dan tsaqafah islamiyah dalam pembentukan karakter. Dalam prakteknya, kurikulum pembelajaran Al-Qur’an dan tsaqafah islamiyah berhasil membentuk 4 (empat) Nilai karakter dengan 12 sikap yaitu, bertauhid membentuk sikap iman, taqwa dan ikhlas. Berbakti membentuk sikap taat, tawadhu dan mandiri. Cerdas membentuk sikap toleransi, disiplin dan balance. Berakhlak membentuk sikap jujur, bertanggung jawab dan peduli sesama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 155. Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.2. Psikologi Individual, Karakter > 155.25. Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter 300. Ilmu Sosial > 375. Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 28 Aug 2021 05:43 |
Last Modified: | 28 Aug 2021 05:43 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/118 |