repository ptiq

Penguatan Implementasi Kompetensi Guru Anak Usia Dini pada Program Kegiatan IGRA di RA Kota Jakarta Pusat

Suryandarini, Wiwik (2020) Penguatan Implementasi Kompetensi Guru Anak Usia Dini pada Program Kegiatan IGRA di RA Kota Jakarta Pusat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Penguatan Implementasi Kompetensi  Guru Anak Usia Dini pada Program Kegiatan IGRA di RA Kota Jakarta Pusat] Text (Penguatan Implementasi Kompetensi Guru Anak Usia Dini pada Program Kegiatan IGRA di RA Kota Jakarta Pusat)
2020-WIWIK SURYANDARINI-2018.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

IGRA Kota Jakarta Pusat sebagai organisasi profesi guru RA mempunyai tanggungjawab membantu program pemerintah dalam bidang pendidikan yaitu ikut serta meningkatkan profesionalisme guru. Hal ini akan merubah paragdigma tentang guru anak usia di RA yang dianggap guru biasa menjadi guru yang profesionalisme.
Penelitian yang menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan penelitian lapangan ini dimana tehnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi maka peneliti menemukan bahwa penguatan implementasi kompetensi guru anak usia dini yang dilaksanakan oleh IGRA Kota Jakarta Pusat melalui workshop, pelatihan dan diklat (pendidikan dan pelatihan) telah 1) Guru paham dan mampu mengimplementasikan kompetensi pedagogik yaitu membuat kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), membuat program pembelajaran tematik, membuat perencanaa mengajar yang menyenangkan dengan memperhatikan 6 aspek perkembangan dan membuat media pembelajran video animasi sederhana 2) Guru paham dan mampu mengimpelementasikan kompetensi kepribadian yaitu menjadi pendengar yang baik dan guru yang menyenangkan bagi anak tanpa pilih kasih, menampilka diri sebagai guru yang hadir tepat waktu, berkata jujur agar dapat sebagai panutan anak didik dan bertanggung jawab pada tugas guru 3) Guru paham dan mengimplementasikan kompetensi sosial yaitu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik pada teman sesama guru, mampu menempatkan diri saat kegiatan rapat di gugus cabang dan berempati dan bersimpati pada masalah dan musibah yang dialami oleh temann sejawat 4) Guru paham dan mengimplementasikan kompetensi profesionalnya yaitu dapat mengembangkan kurikulum dengan membuat kurikulum berbasis daring selama masa pandemi covid-19, namun pada penggunaan penilaian berbasis digital melalui aplikasi kementerian agama Republik Indonesia dan membuat konsep penelitian tindakan kelas, guru masih belum optimal melaksanakannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000. Karya Umum > 005. Pemrograman Komputer, Program-program, Data > 005.3. Program
000. Karya Umum > 005. Pemrograman Komputer, Program-program, Data > 005.3. Program
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 28 Aug 2021 06:42
Last Modified: 28 Aug 2021 06:42
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item
View Item