Fauji, Imam (2022) Literasi Membaca Dalam Kurikulum Merdeka Dan Koherensinya Dengan Karakteristik Anak Usia Jenjang Sekolah Dasar. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2022-IMAM FAUJI-2020.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian Ini Memiliki Tujuan Untuk Mengetahui Muatan Literasi Membaca Dalam Kurikulum Merdeka Yang Telah Digulirkan Oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Serta Mengkaji Koherensinya Dengan Karakteristik Anak Usia Jenjang Sekolah Dasar. Setelah Penelitian Ini Selesai Diharapkan Agar Dapat Dijadikan Sebagai Salah Satu Pertimbangan Dalam Melakukan Perencanaan, Proses Pembelajaran, Maupun Evaluasi Dalam Pembelajaran Terutama Dalam Kajian Terkait Literasi Membaca.
Metodologi Penelitian Ini Akan Menggunakan Metode Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Verifikasi. Adapun Jenis Penelitian Yang Digunakan Peneliti Dalam Tulisan Ini Adalah Jenis Penelitian Perpustakaan (Library Search) Dimana Data Yang Diteliti Meliputi Peraturan Perundang-Undangan, Peraturan Menteri, Buku Siswa, Buku Guru, Maupun Dokumen Lain Yang Relevan Dengan Penelitian.
Muatan Literasi Ditemukan Padalandasan Utama Kurikulum, Kerangka Dasar Kurikulum Dan Struktur Kurikulum. Pada Struktur Kurikulum, Literasi Membaca Masuk Kedalam Berbagai Aspek Mata Pelajaran Seperti Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Seni Budaya, Dan Bahasa Inggris.
Setelah Dilakukan Pengamatan Terhadap Berbagai Muatan Literasi Di Dalam Kurikulum Merdeka Makapenulis Dapat Mengambil Kesimpulan Bahwamuatan Literasi Dalam Kurikulum Merdeka Sudah Ada Dan Saling Berkaitan Serta Memiliki Hubungan Yang Koheren DenganKarakteristik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 04:25 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 04:25 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1216 |