Sutisna, Endang (2023) Evaluasi Program Tahfizh Dalam Mengukur Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Di SMPIT Insan Mandiri Greenville Bekasi. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2023-ENDANG SUTISNA-2019.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan melalu pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang diwawancarai 4 guru, dan mengamati seluruh peserta didik tahfidz SMPIT Insan Mandiri Greenville Bekasi. Maka disimpulkan bahwa Model evaluasi program Tahfizh Al-Qur‟an yang dipergunakan untuk mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur‟an siswa di SMPIT Insan Mandiri Greenville, adalah menggunakan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan Daniel Stufflebeam.
Karakteristik evaluasi program tahfizh yang dipergunakan dalam mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur‟an di SMPIT Insan Mandiri Greenville adalah valid, reliabel, relevan, representatif, praktis, deskriminatif, spesifik dan proporsional.
Kriteria yang dipergunakan dalam mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur‟an SMPIT Insan Mandiri Greenville adalah menggunakan standar kuantitatif dan kualitatif, yakni: a. Nilai 5 (baik sekali) program wajib dilanjutkan yaitu skor 81 – 100. b. Nilai 4 (baik) program dapat dilanjutkan yaitu skor 61 – 80. c. Nilai 3 (cukup) program dapat dilanjutkan dengan perbaikan yaitu skor 41 – 60. d. Nilai 2 (kurang) program dilanjutkan dengan mengubah strategi pelaksanaan yaitu skor 21 – 40. e. Nilai 1 (kurang sekali) program tidak dilanjukan yaitu skor < 21.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 07:01 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 07:01 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1221 |