repository ptiq

Evaluasi Program Tahfizh Dalam Mengukur Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Di SMPIT Insan Mandiri Greenville Bekasi

Sutisna, Endang (2023) Evaluasi Program Tahfizh Dalam Mengukur Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Di SMPIT Insan Mandiri Greenville Bekasi. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-ENDANG SUTISNA-2019.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan melalu pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yang diwawancarai 4 guru, dan mengamati seluruh peserta didik tahfidz SMPIT Insan Mandiri Greenville Bekasi. Maka disimpulkan bahwa Model evaluasi program Tahfizh Al-Qur‟an yang dipergunakan untuk mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur‟an siswa di SMPIT Insan Mandiri Greenville, adalah menggunakan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan Daniel Stufflebeam.
Karakteristik evaluasi program tahfizh yang dipergunakan dalam mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur‟an di SMPIT Insan Mandiri Greenville adalah valid, reliabel, relevan, representatif, praktis, deskriminatif, spesifik dan proporsional.
Kriteria yang dipergunakan dalam mengukur keberhasilan menghafal Al-Qur‟an SMPIT Insan Mandiri Greenville adalah menggunakan standar kuantitatif dan kualitatif, yakni: a. Nilai 5 (baik sekali) program wajib dilanjutkan yaitu skor 81 – 100. b. Nilai 4 (baik) program dapat dilanjutkan yaitu skor 61 – 80. c. Nilai 3 (cukup) program dapat dilanjutkan dengan perbaikan yaitu skor 41 – 60. d. Nilai 2 (kurang) program dilanjutkan dengan mengubah strategi pelaksanaan yaitu skor 21 – 40. e. Nilai 1 (kurang sekali) program tidak dilanjukan yaitu skor < 21.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:01
Last Modified: 02 Aug 2023 07:01
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item
View Item