Nursidik, Nursidik (2023) Implementasi Kurikulum Pendidikan Al-Qur’an Dan Qur’anic Parentingdalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Analisis Kualitatif Padaanak Usia Dini Di Lembaga Tahfiz Al-Qur’an Usia Dini Istiqomah Bekasi Jawa Barat). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2023-NURSIDIK-2020.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
Abstract
Kesimpulan tesis ini adalah bahwa kecerdasan spiritual anak usia dini dapat ditingkatkan melalui implementasi kurikulum pendidikan Al-Qur’an dan qur’anic parentingdi Lembaga Tahfiz Al-Qur’an Usia Dini Istiqomah Bekasi. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada tiga aspek peningkatan yaitu: pertama, habluminallâhyang ditandai dengan kualitas tauhid, ibadah, dan akhlak anak sehari-hari. Kedua, Pada aspek habluminannâsditandai dengan sikap dan prilaku anak yang memiliki kesalehan sosial sesama manusia. Ketiga, aspek habluminal’âlamyaitu adanya kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan alam sekitar.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Aktivitas dalam analisis meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dataprimer yang didapatkan melalui wawancara langsung informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru, orang tua dan anak, serta hasil dari observasi. Adapun sumber skunder di peroleh dari berbagai studi dokumen, naskah, dan arsip serta referensi pendukung lainnya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh beberapa temuan penelitian yaitu: (1) Aspek urgensi dan implementasi kurikulum pendidikan Al-Qur’an diimplementasikan melalui tahap perencanaan, pembelajaran di dalam kelas, pembelajaran luar kelas, dan penerapan budaya 6S. Urgensinya meliputi aspek keagungan Al-Qur’an sebagai pedoman dan kontrol setiap muslim, aspek golde age anak usia dini, dan aspek kelembagaan yang mendukung visi, misi, serta tujuan lembaga. (2) Strategi pelaksanaan qur’anic parentingdilaksanakan dengan tahapan edukasi orang tua dan penerapannyadalam keluarga. (3) Peningkatan kecerdasan spiritual anak usia dinimelalui implementasi kurikulum pendidikan Al-Qur’an dan qur’anic parentingdiukur dengan tiga aspek kecerdasan spiritualmeliputi: hubungan baik terhadap Allah(habluminallâh), hubungan baik terhadap sesama(habluminannâs), dan hubungan baik terhadap alam sekitar(habluminal’alam).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:00 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:00 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1243 |