repository ptiq

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Islam Terpadu Di Pondok Aren - Tangerang Selatan

Maudin, Slamet (2020) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Islam Terpadu Di Pondok Aren - Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2020-SLAMET MAUDIN-2016.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data menggunakan angket. Sedangkan, analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk melihat sebaran sampel, uji prasyarat analisis statistik, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) dalam analisis regresi linier berganda untuk membuktikan hipotesis yang diajukan. Sampel pada penelitian ini adalah guru SIT di Pondok Aren - Tangerang Selatan, dengan jumlah sampel 93 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru dengan besarnya pengaruh 26,6% sisanya yaitu 73,4% ditentukan oleh faktor lain dan arah pengaruhnya menunjukkan persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 47,486 + 0,603 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kepemimpinan kepala sekolah, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor disiplin kerja guru sebesar 48,089.
2. Terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru dengan besarnya pengaruh 27,3% sisanya yaitu 72,7% ditentukan oleh faktor lain dan arah pengaruhnya menunjukkan persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 64,929 + 0,407X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor iklim organisasi sekolah, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor disiplin kerja guru sebesar 45,124.
3. Terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara simultan atau bersama-sama terhadap disiplin kerja guru dengan besarnya pengaruh 33,7% sisanya yaitu 66,3% ditentukan oleh faktor lain dan arah pengaruhnya menunjukkan persamaan regresi Ŷ = 43,771 + 0,370 X1 + 0,260 X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan skor kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan disiplin kerja guru, sebesar 44,401.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X7. Filsafat dan Pengembangannya > 2X7.3. Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:26
Last Modified: 25 Sep 2023 05:26
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item
View Item