repository ptiq

Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur`An Dalam Mengembangkan Afektif Peserta Didik Dengan Metode Demonstrasi Di SMP Perjuangan Dan Informatika Terpadu Depok Jawa Barat

Zaenuri, Zaenuri (2022) Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur`An Dalam Mengembangkan Afektif Peserta Didik Dengan Metode Demonstrasi Di SMP Perjuangan Dan Informatika Terpadu Depok Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2022-ZAENURI-2020.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran Al-Qur‟an dalam mengembangkan afektif peserta didik dengan metode demonstrasi di SMP Perjuangan dan Informatika Terpadu Depok Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan alat pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisa data menggunakan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Sample atau yang disebut dengan informan utama dalam penelitian ini adalah para guru Al-Qur‟an yang mengajar di SMP Perjuangan dan Informatika Terpadu Depok Jawa Barat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan pembelajaran dalam mengembangkan afektif peserta didik dengan metode demonstrasi adalah sebagai berikut: 1) perencanaan pembelajaran Al-Qur‟an dalam menggunakan metode demonstrasi membutuhkan beberapa persiapan dalam menyampaikan materi, 2) pengorganisasian pembelajaran Al-Qur‟an dalam mengembangkan afektif peserta didik sangat pergantung dari keterampilan guru atau pendidik dalam mengajarkan Al-Qur‟an, 3) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur‟an dalam mengembangkan afektif peserta didik menggunakan metode demonstrasi berhasil mengembangkan afektif peserta didik, terbukti dengan hadirnya karakteristik afektif pada peserta didik seperti sikap, nilai, minat, moral dan konsep diri, 4) evaluasi pembelajaran Al-Qur‟an menjadi lebih komunikatif dengan menggunakan metode demonstrasi sehingga mengembangkan afektif peserta didik, 5) pengembangan afektif peserta didik dilakukan dengan peneladanan dan pembiasaan sehingga peserta didik dapat menerima dan menanggapi materi dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:49
Last Modified: 04 Oct 2023 01:49
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item
View Item