Mujahidin, Mujahidin (2022) Efektivitas Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‘An Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar Rahman Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2022-MUJAHIDIN-2019.pdf - Accepted Version
Download (3MB)
Abstract
Kesimpulan tesis ini adalah menjawab pertanyaan rumusan masalah tentang efektivitas metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar Rahman Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan, dalam penelitian ini peneliti diharuskan melakukan pengamatan langsung di lapangan. subjek pada penelitian ini adalah guru Al-Qur‘an. Metode wawancara digunakan untuk mencatat percakapan atau jawaban dari informan baik dari guru Al-Qur‘an, koordinator, siswa maupun kepala sekolah. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama guru, jumlah siswa, pembagian kelompok Ummi, nilai pembelajaran Al-Qur‘an, dan sarana fisik serta situasi pelaksanaan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur‘an. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi guru dalam pembelajaran Al-Qur‘an dengan metode Ummi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan siswa dalam membaca Al-Qur‘an.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, efektivitas metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur‘an sangat baik (efektif) dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur‘an. Siswa lebih terampil dalam membaca Al-Qur‘an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, makhorijul khuruf, serta dengan irama yang khas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 10:12 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 10:12 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1291 |