repository ptiq

Kurikulum Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Al-Qur’an

Al Amin, Al Amin (2018) Kurikulum Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Al-Qur’an. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2018-AL-AMIN-2015.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pemahaman pendidikan multikultural yang ada di dalam Al-Qur'an. Pesan teks yang dibawa Al-Qur'an secara impilisit telah menguraikan tentang pemahaman pendidikan multikltural. Hal ini penting untuk dapat meredam berbagai persoalan yang sekarang kita hadapi. KKN, separatisme, dan radikalisme, yang semuanya telah membawa dampak pada segala bidang, tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Bagaimana pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam dapat menghadapi segala perubahan yang cukup mendasar sehingga dapat mempersiapkan siswa untuk dapat berintegrasi
dengan masyarakat (siswa) luas yang berasal dari berbagai latarbelakang yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif melalui penelitian perpustakaan (Library Research) yang meneliti pesan teks dari Al-Qur'an. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan metode deskriptif analisis, di mana bahan-bahan yang terkumpul diuraikan, ditafsirkan, dibandingkan persamaan dan perbedaannya dengan fenomena tertentu yang diambil bentuk kesamaannya, serta menarik kesimpulan. Oleh karena itu, maka lebih tepat jika dianalisa menurut dan sesuai dengan isinya, atau menggunakan metode analisis isi, yang kemudian merefleksikan teks berupa pesan atau simbol-simbol tersebut dengan metodologi penafsiran untuk melakukan pembacaan hermeneutika tentang pemahaman pendidikan multikultural yang ada dalam Al-Qur'an yang lebih menekankan aspek humanitas, toleransi, berbaik sangka dan keadilan diatas segala-galanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman ayat Al-Qur'an terhadap pendidikan multikultural perspektif Al-Qur‟an yang mengajarkan tentang HAM (al-Isra/17:3), (at-Taubah/9:6), (al-Baqarah/2:221), (al-Baqarah/2:233), belajar hidup dalam perbedaan (Toleransi) (al-Hujurat/49:13), menjunjung tinggi saling menghargai (al- An‟am/6:108), terbuka dalam berpikir (al- Mujadilah/58:11) supaya tercipta kehidupan yang rukun dan damai serta jauh dari segala bentuk konflik.(as-Syura/42:40). Dan menggali juga konsep pendidikan multikultural dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas yang juga membahas tentang HAM, toleransi, dan menjunjung tinggi nilai keagamaan, budayaan dan kemajemukan bangsa. Dengan demikian konsep Pendidikan Multikultural perspektif Al-Qur‟an memiliki kesamaan dengan konsep Pendidikan Multikultural yang ditawarkan oleh Sisdiknas. hal menarik lain dari penelitian ini adalah dalam penerapan Kurikulum
Nasional dalam hal ini adalah Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI ditemukan uraian-uraian Kompetensi Inti, dari Kompetensi Inti (KI) 1 sampai Kompetensi Inti (KI) 4, yang menjelaskan adanya implementasi Pendidikan Multikultural baik dari perspektif Al-Qur‟an maupun yang dijelaskan oleh Sisdiknas melalui UU No Tahun 2003.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:42
Last Modified: 21 Dec 2023 02:42
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item
View Item