repository ptiq

Pengaruh Keteladanan Kepala Sekolahdanpengelolaan Kepegawaian Terhadap Disiplin Guru Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Parungkabupaten Bogor

Kurniawan, Asep (2018) Pengaruh Keteladanan Kepala Sekolahdanpengelolaan Kepegawaian Terhadap Disiplin Guru Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Parungkabupaten Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of naskah Tesis] Text (naskah Tesis)
2018-ASEP KURNIAWAN-2015.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait PengaruhKeteladanan Kepala Sekolah dan Pengelolaan KepegawaianterhadapDisiplin Gurusecara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional terhadap data- data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu guru- guru SD di kecamatan parung kabupaten bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 60 responden dari total populasi 60 guru SDdi kecamatan parung kabupaten bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/ kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keteladanan kepala sekolahterhadapdisiplin guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,740 dan koefisien determinasi r2 sebesar 0,548 yang memberikan pengaruh dengan disiplin guru sebesar 54,8% dan sisanya 45,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh ŷ = 37,300 + 0,652x1artinya setiap peningkatan satu unit skor keteladanan kepala sekolah mempengaruhi peningkatan skor disiplin guru sebesar 0,652.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kepegawaianterhadapdisiplin gurudengan koefisien korelasi sebesar 0,652. dan koefisien determinasi r2 sebesar 0,738yang memberikan pengaruh dengan disiplin guru sebesar 73,8 % dan sisanya yaitu 26,2% ditentukan oleh faktor lainnya.Koefesien regresi diperoleh ŷ=36,731+0,545x2 artinya setiap peningkatan satu unit skor pengelolaan kepegawaian mempengaruhi peningkatan skor disiplin guru sebesar 0,545.
Ketiga,Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keteladanan kepala sekolahpengelolaan kepegawaiansecara bersama- sama terhadapdisiplin guru dengan koefisen korelasi = 0,881 dan koefesien determinasi r2 sebesar 0,776 yang memberikan pengaruh secara bersamaan dengan disiplin guru sebesar 22,4% dan sisanya yaitu 56,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh ŷ = 35,593 + 0,441x1+ 0,435x2artinya setiap peningkatan satu unit skor independen keteladanan kepala sekolahdanpengelolaan kepegawaiansecara bersamaan mempengaruhi peningkatan skor disiplin guru sebesar 0,441+ 0,435 = 0,876.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.2. Sekolah Dasar, SD
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 21 Dec 2023 02:59
Last Modified: 21 Dec 2023 02:59
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item
View Item