Suska, Suska (2018) Integrasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Jamiat Kheir. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2018-SUSKA-2016.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Suska: Membangun insan yang berkarakter dan bermartabat berarti mengintegrasikan pendidikan karakter pada kurikulum dalam seluruh kegiatan kampus. Penelitian dengan objek Integrasi pendidikan karakter pada kurikulum Fakultas Tarbiyah IAIJ ini dilatar belakangi oleh ketidak mampuan kalangan akademisi untuk mencetak mahasiswa yang beriman, integrasi pendidikan pada kurikulum dikampus mestinya menyasar kepada seluruh civitas akademika: mahasiswa, dosen dan pegawai yang dilakukan melalui perkuliahan, kegiatan mahasiswa, dan manajemen.
Pengintegrasian pendidikan karakter dalam perkuliahan dapat dilakukan dengan memasuskan nilai-nilai karakter dalam perencanaan (silabus dan RPP), bahan ajar dan media, implementasi di kelas, penilaian, monitoring, dan evaluasi kegiatan secara keseluruhan. Tuntutan masyarakat, terutama pihak dari pihak institusi, mendorong Prodi Tarbiyah IAIJ untuk melaksanakan langkah-langkah yang konprehensif, yaitu dengan mengaktualisasikan kurikulum yang sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan. Hal ini berarti bahwa karakter adalah rangkaian nilai, kepercayaan dan adat yang unik yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pelaksanaan, dan untuk mengungkap lebih dalam lagi tentang Integrasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Jamiat Kheir serta mengetahui faktor yang menghambat pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Jamiat Kheir.
Disisi lain, pendidikan Indonesia menghadapi 4 tantangan berupa globalisasi moral, etika dan budaya, krisis moral dan etika, serta stigma keterpurukan bangsa. Solusi dari masalah ini adalah penyelenggaraan pendidikan dengan bentuk kampus yang mengintegrasi pendidikan karakter pada kurikulum. Metode penelitian kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri. Penelitian yang mengguanakan penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami objek yang diteliti secara mendalam. Jadi, peneliti merupakan key instrumen dalam mengumpulkan data, sipeneliti harus terjun sendiri kelapangan secara aktif.
Hasil penelitian ini adalah: 1). Perencanaan perguruan tinggi dalam pengelolaan pendidikan karakter Di IAI Jamiat Kheir Jakarta sudah berjalan dengan sangat efektif. 2). Integrasi pendidikan karakter pada mata kuliah ini adalah religius dan pemahaman agama yang mendalam. 3). Untuk menyamakan persepsi dan komitmen yang kuat diantara tenaga pendidik dan kependidikan yang ada dilingkungan IAI Jamiat Kheir. 4). Bahwa nilai-nilai karakter dari integrasi pendidikan karakter pada mata kuliah Bahasa Arab melalui kajian kitab Nahwul Wadhih ini adalah rasa ingin tahu dan senang membaca.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 04:20 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 04:20 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1343 |