repository ptiq

Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan Latar Belakang Jenis Pendidikan atas Mahasiswa terhadap Pemahaman Islam Wasathiyyah Di Politeknik Keuangan Negara STAN

Hasanah, Uswatun (2020) Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan Latar Belakang Jenis Pendidikan atas Mahasiswa terhadap Pemahaman Islam Wasathiyyah Di Politeknik Keuangan Negara STAN. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan Latar Belakang Jenis Pendidikan atas Mahasiswa terhadap Pemahaman Islam Wasathiyyah Di Politeknik Keuangan Negara STAN] Text (Pengaruh Hasil Belajar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dan Latar Belakang Jenis Pendidikan atas Mahasiswa terhadap Pemahaman Islam Wasathiyyah Di Politeknik Keuangan Negara STAN)
2020-USWATUN HASANAH-2018.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh hasil belajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam dan latar belakang jenis pendidikan atas mahasiswa terhadap pemahaman Islam wasathiyyah secara terpisah maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu mahasiswa PKN STAN. Sampel penelitian ini adalah 80 responden dari total 100 populasi mahasiswa jurusan Bea Cukai pada tahun ajaran 2019-2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner, daftar isian, dan dokumentasi. Uji hipotesis pada penelitian menggunakan Uji T dan Uji F simultan. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, terdapat pengaruh positif dan signikan antara hasil belajar mata kuliah PAI terhadap pemahaman Islam wasathiyyah mahasiswa dengan koefisien determinasi sebesar 11.7%. Persamaan regresi Ŷ = 39,254 + 2,079 X1.
Kedua, tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan latar belakang jenis pendidikan menengah atas mahasiswa terhadap pemahaman Islam wasathiyyah mahasiswa.
Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan hasil belajar mata kuliah PAI dan latar belakang jenis pendidikan atas mahasiswa secara bersama-sama terhadap pemahaman Islam wasathiyyah mahasiswa. Besarnya pengaruh ditunjukkan R square15,5%. Persamaan regresi Ŷ = 3,268 +1,723 X1 + 0,822 X2.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200. Agama > 297. Islam > 297.7. Perkembangan Islam > 297.77. Pendidikan Agama Islam
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3. Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36. Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 30 Aug 2021 05:28
Last Modified: 30 Aug 2021 05:28
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item
View Item