Ramdhani, Muhammad Rendi (2018) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Iklim Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK Amaliah Ciawi Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2018-MUHAMMAD RENDI RAMADHANI-2016.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh kompetensi profesional guru dan iklim sekolah terhadap motivasi belajar siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Amaliah 1 Ciawi Bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 228 responden dari total populasi 532 populasi siswa SMK Amaliah 1 Ciawi Bogor kelas X, XI dan XII tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,682 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 46,5%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 6,993 + 0,854 X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kompetensi professional guru (X1) akan diikuti peningkatan skor motivasi belajar siswa sebesar 0,854 poin.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan iklim sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,584 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 34,1%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 38,489 + 0,600X2akan diikuti peningkatan skor motivasi belajar siswa sebesar 0,600 poin.
Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi profesional guru dan iklim sekolah secara simultan terhadap motivasi belajar siswa. Koefisien korelasi sebesar 0,702 sedangkan koefisien determinasi sebesar 49,3%. Persamaan regresi Ŷ = 2,924 + 0,663X1 + 0,232X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kompetensi profesional guru (X1) dan Iklim Sekolah (X2) secara bersama-sama akan diikuti peningkatan motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0,895 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 08:47 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 08:47 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1352 |