Mudiono, Mudiono (2018) Pengaruh Lingkungan Sosial Sekolah Dan Pendidikan Karakterdisiplin Terhadap Pembentukanakhlak Siswa Pada Sekolah Menengah Atas Al-Ashriyyah Nurul Iman Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2018-MUDIONO-2015.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait Pengaruh lingkungan sosial Sekolah dan Pendidikan Karakter disiplin secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional terhadap data- data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa-siswa SMA Al-Ashriyyah Nurul Iman parung kabupaten bogor. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 80 responden dari total populasi 795 siswa SMA Al-Ashriyyah Nurul Iman parung kabupaten bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/ kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Sosial Sekolahdengan Pembentukan Akhlak Siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,667 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,445 yang memberikan pengaruh dengan Pembentukan Akhlak Siswa sebesar 44,5%. dan sisanya 55,5% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ = 45,103 + 0,622X1 artinya setiap peningkatan satu unit skor efikasi diri mempengaruhi peningkatan skor Pembentukan Akhlak Siswa sebesar 0,622.
Kedua, Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pendidikan karakter disiplin dengan Pembentukan Akhlak Siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,586 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,586 yang memberikan pengaruh dengan Pembentukan Akhlak Siswa sebesar 58,6 % dan sisanya yaitu 41,4% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ= 43,389 + 0,622X2 artinya setiap peningkatan satu unit skor Pendidikan karakter disiplin mempengaruhi peningkatan skor Pembentukan Akhlak Siswa sebesar 0,622.
Ketiga, Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Sosial Sekolah danPendidikan karakter disiplin secara bersama- sama dengan Pembentukan Akhlak Siswa dengan koefisen korelasi = 0,665 dan koefesien determinasi R2 sebesar 0,672 yang memberikan pengaruh secara bersamaan dengan Pembentukan Akhlak Siswa sebesar 67,2% dan sisanya yaitu 32,8% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diperoleh Ŷ = 43,764 + 0,352X1+ 0,313X2 artinya setiap peningkatan satu unit skor independen efikasi diri danPendidikan karakter disiplin secara bersamaan mempengaruhi peningkatan skor Pembentukan Akhlak Siswa sebesar 0,352 + 0,313 = 0,665.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 23 Dec 2023 08:22 |
Last Modified: | 23 Dec 2023 08:22 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1355 |