repository ptiq

Kontribusi Bimbingan Orang Tua Dan Pendidikan Akhlak Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa (Studi Kasus Mts Darul Hikmah Al-Azhariyah Pangkalan Jati Baru, Cinere, Depok)

SUPARDI, M. (2018) Kontribusi Bimbingan Orang Tua Dan Pendidikan Akhlak Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa (Studi Kasus Mts Darul Hikmah Al-Azhariyah Pangkalan Jati Baru, Cinere, Depok). Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2018-M. SUPARDI-2015.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait kontribusi bimbingan orang tua dan pendidikan aqidah akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa-siswa Mts Al Azhariya Pangkalan Jati Baru Cinere Depok. Sampel penelitian ini sebanyak 56 responden dari total populasi 126 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan kontribusi bimbingan orang tua terhadap perilaku keagamaan siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,729, dan koefisien determinasi(R2) sebesar 0,00531%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresiŶ = 6,349 + 0,958 X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kontribusi bimbingan orang tua (X1) akan diikuti kenaikan perilaku keagamaan siswa (Y) sebesar 0,958 poin.
Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan aqidah akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,737, dan koefisien determinasi(R2) sebesar 0,00520%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresiŶ = 38,910 + 0,672 X2, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin budaya sekolah (X2) akan diikuti kenaikan integritas siswa (Y) sebesar 0,672 poin.
Ketiga, Terdapat pengaruh positif dan signifikan kontribusi bimbingan orang tua dan pendidikan aqidah akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 1,479, dan koefisien determinasi(R2) sebesar 0,00593%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresiŶ = 1,401 + 0,139 X1 + 0,559 X2. dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kontribusi bimbingan orang tua (X1) dan pendidikan aqidah akhlak (X2) akan diikuti kenaikan perilaku keagamaan siswa (Y) sebesar 0,688 poin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 23 Dec 2023 08:38
Last Modified: 23 Dec 2023 08:38
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item
View Item