Yulianti, Herlin (2018) Pendidikan Sex Bagi Anak Usia Dini Di Kelurahan Kalisari – Jakarta Timur Ditinjau dari Perspektif Orang Tua. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2018-HERLIN YULIYANTI-2015.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Kesimpulan tesis ini adalah: Pendidikan seks bagi anak usia dini dikelurahan Kalisari ditinjau dari perspektif orangtua adalah bahwasanya Pendidikan seks bagi anak usia dini merupakan pendididikan yang sangat penting diberikan kepada anak usia dini, karena maraknya kasus kekerasan seks yang menimpa siswa PAUD/TK Jakarta International School beberapa waktu lalu yang menyadarkan kita akan pentingnya Pendidikan seks bagi anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan materi, model dan strategi Pendidikan seks bagi anak usia dini perspektif orangtua.
Menurut Jean Piaget, anak-anak memiliki cara berpikir berbeda dari orang dewasa. Oleh karena itu dalam Pendidikan seks pada anak usia dini harus disesuaikan dengan karakteristik perkembangan anak usia dini yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.
Dalam tesis ini penulis menemukan tiga aspek dalam Pendidikan seks bagi anak usia dini ditinjau dari perspektif orangtua: pertama, materi pokok mengenai seks yang disampaikan kepada anak usia dini meliputi tema-tema: (1) Aku dan Tubuhku; (2) Aku dan Pakaianku; (3) Keluarga dan Sekitarku; dan (4) Cara Merawat dan Menjaga Tubuh, kedua adalah model pembelajaran dengan menggunakan sentra bermain peran dan ketiga, strategi penyampaian yang digunakan adalah dengan bercerita, bernyanyi dan berdemonstrasi.
Hal menarik lain yang ditemukan dalam penelitian ini adalah, dalam perspektif orangtua Pendidikan seks bagi anak usia dini adalah penting untuk diberikan namun harus ada batasan-batasan yang diberikan saat penyampaian kepada anak-anaknya sehingga tidak terlalu vulgar.
Tesis ini memiliki kesamaan pendapat dengan Yusuf Madani (2003), Abdullah Nasih Ulwan (2007), Alya Andika (2009), Nurul Chomaria (2012), Elly Risman (2016), yang menyatakan bahwa Pendidikan seks bagi anak usia dini sudah seharusnya dilakukan, karena akan mempengaruhi kehidupan anak ketika remaja dan terhindarnya dari kekerasan seksual.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomonologi trasedental.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 07:13 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 07:13 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1362 |