Rangkuti, Bima Wahyudin (2023) Pengelolaan Relasi Pendidikan Cinta Kasih Perspektif Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2023-BIMA WAHYUDIN RANGKUTI-2021.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengelolaan relasi cinta kasih dalam pendidikan perspektif Hamka dalam tafsirnya Al-Azhar. Kesimpulan dari penelitian ini; pertama, indikator relasi cinta kasih dalam pendidikan yang ditandai dengan hadirnya tiga unsur di dalamnya. (1) Kejujuran dan keaslian dari orang tua ataupun pendidik. Orang tua ataupun pendidik tidak memalsukan ataupun memanipulasi citra dirinya, tetapi menampilkan dirinya dengan citra yang sebenarnya. (2) Penghargaan positif tanpa syarat. Orang tua atau guru menghormati anak atau siswa dalam keadaan apapun. (3) Empati. Orang tua ataupun pendidik memahami anak ataupun peserta didik, seolah-olah mereka masuk ke dalam diri anak ataupun peserta didik tersebut. Kedua, prinsip-prinsip pengelolaan relasi cinta kasih dalam pendidikan, mencakup membangun keterbukaan, penerimaan serta penghormatan, perhatian serta peduli yang tidak posesif, percaya, dan empati.
Ketiga, bentuk-bentuk pengelolaan hubungan cinta kasih dalam pendidikan. Terdiri dari sikap yang kongruen, didapatkan dari penafsiran Hamka terhadap Surah An-Nisâ’/4 ayat 63. Citra diri yang terbuka, didapatkan dari penafsiran Hamka terhadap Surah ʻAbasa/80 ayat 1-10. Pelibatan komunikatif dan interaktif, didapatkan dari penafsiran Hamka terhadap Surah Surah Ash-Shaffat/37 ayat 102. Harmonisasi konflik, didapatkan dari penafsiran Hamka terhadap Surah Ali ‘Imran/3: 159. Aksi Non-Dominatif didapati dari penafsiran Hamka terhadap Surah Asy-Syuʻarâ’/26 ayat 215. Tanggapan yang serius, diperoleh dari penafsiran Hamka terhadap Surah Yûsuf/12 ayat 4-5. Ketahanan reaktif, diperoleh dari penafsiran Hamka terhadap Surah Yûsuf/12 ayat 16-18; Surah Yûsuf/12 ayat 83. Penegasian paksaan diperoleh dari penafsiran Hamka terhadap Surah Al-Baqarah/2 ayat 256; Surah Yunus/10 ayat 99-101. Penyediaan pilihan alternatif diperoleh dari penafsiran Hamka terhadap Surah Al-Qashash/28 ayat 27-28. Pemberian kesempatan penerimaan tugas, diperoleh dari penafsiran Hamka terhadap Surah Al-Kahfi/18 ayat 60-64. Dan kepekaan yang purna, diperoleh dari penafsiran Hamka terhadap Surah At-Tawbah/9 ayat 128.
Kemudian fungsionalisasi pengelolaan relasi cinta kasih dalam pendidikan dalam penelitian ini mencakup; perencanaan, pengorganisasian, serta pengawasan. Metode yang digunakan oleh penelitian ini adalah metode kualitatif studi kepustakaan. Sumber data utamanya adalah Tafsir Al-Azhar sendiri serta sumber-sumber lainnya berkenaan sebagai pendukungnya. Sementara pembahasan akan penafsiran terhadap ayat-ayat dilakukan dengan cara mengelompokkannya pada tema-tema tertentu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 26 Dec 2023 07:32 |
Last Modified: | 26 Dec 2023 07:32 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1364 |