repository ptiq

Pengaruh Pendidikan Moral dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMP Manba’ul Ulum Jakarta Barat

Rifa’i, Ahmad (2020) Pengaruh Pendidikan Moral dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMP Manba’ul Ulum Jakarta Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Pendidikan Moral dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMP Manba’ul Ulum Jakarta Barat] Text (Pengaruh Pendidikan Moral dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMP Manba’ul Ulum Jakarta Barat)
2020-AHMAD RIFA'I-2016.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empiric terkait dengan pendidikan moral dan kompetensi sosial guru terhadap pemebentukan karakter siswa SMP Manba’ul Ulum Jakarta Barat secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasional, yaitu hubungan antara satu dengan beberapa variabel lain dinyatakan dengan besarnya koefisien korelasi dan regresi secara sistematik. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 89 responden dari total 382 siswa SMP Manba’ul Ulum Jakarta barat. Pengumpulan data dilakuan dengan menggunakan teknik angket atau kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan Pendidikan Moral terhadap Pembentukan Karakter di SMP Manba’ul Ulum Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,835 dan kekuatan pengaruh (koefisien determinasi) R2 sebesar 0,697 atau 69,7%. regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Y= 24,795 + 0,864 X1, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor pendidikan moral akan mempengaruhi peningkatan skor pembentukan karakter siswa sebesar 0,864.
Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi Sosial Guru terhadap Pembentukan Karakter siswa di SMP Manba’ul Ulum Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi (ry2) sebesar 0,626 dan kekuatan pengaruh (koefisisen determinasi) R2 sebesar 0,181 atau 18,1%. Analisis regresi sederhana, menunjukkan persamaan regresi Ý = 64,048 + 0,700 X2, yang berarti bahwa setiap peningkatan satu kompetensi sosial Guru akan mempengaruhi peningkatan skor pembentukan karakter sebesar 0,700.
Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan Pendidikan Moral dan Kompetensi Sosial Guru secara bersama-sama terhadap Pembentukan Karakter siswa di SMP Manba’ul Ulum Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai koefisien korelasi(ry1.2) sebesar 0,842 kekuatan pengaruh (koefisisen determinasi) R2 sebesar 0,709 atau 70,9%. analisis regresi ganda yang dilakukan secara bersama-sama, menunjukkan persamaan regresi Ý = 13,666 + 0,817 X1 + 0,137 X2 yang berarti bahwa setiap satu unit peningkatan pendidikan moral dan kompetensi sosial guru akan mempengaruhi peningkatan skor pembentukan karakter siswa sebesar 0,954.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 370. Pendidikan
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:54
Last Modified: 30 Aug 2021 07:54
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item
View Item