repository ptiq

Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Permainan Ular Tangga Dan Flashcard Di Tk Islam Al-Furqon Jakarta Selatan

Fitriana, Farah (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Permainan Ular Tangga Dan Flashcard Di Tk Islam Al-Furqon Jakarta Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-FARAH FITRIANA-2019.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan melalu pendekatan kualitatif dengan sampel 5 guru sebagai informan utama, serta observasi terhadap pembelajaran siswa TK B. Maka dapat disimpulkan bahwa manfaat media flashcard & ular tangga dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini di TK Islam Al-Furqon yaitu menarik perhatian siswa, meningkatkan antusias siswa dalam membaca, dan membantu daya ingat siswa. Dari penggunaan media permainan ular tangga &flashcard, 13 anak ditemukan pada pertemuan 1, masih dominan Mulai berkembang (MB) yaitu 11 orang dan Belum berkembang (BB) 2 orang. Sedangkan pada pertemuan ke 2 mulai ada perkembangan dengan banyak yang menunjukkan hasil berkembang sesuai harapan (BSH) 10 orang dan Mulai berkembang 3 orang. Pada pertemuan ke 3 terjadi peningkatan kembali yaitu berkembang sangat baik 9 orang, berkembang sesuai harapan 2, dan 3 anak masih pada tahap mulai berkembang dikarenakan membutuhkan penanganan khusus.
Langkah-langkah penggunaan metode permainan ular tangga dalam pembelajaran menurut Rahmah kepala sekolah adalah sebagai berikut: pendahuluan. Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari, guru memberi contoh soal dan latihan mengenai materi yang diajarkan, anakusia dini dibagi menjadi kelompok kecil yang beranggotakan empat sampai 5 orang. Anak bermain secara bergantian sesuai urutan kelompok, setelah waktu bermain selesai, guru melakukan evaluasi untuk menguji hasil yang didapat anak usia dini. Langkah-langkah penggunaan flashcard yaitu kartu-kartu yang sudah disusun dipegang setinggi dada dan menghadap siswa. Cabutlah satu persatu kartu tersebut setelah guru selesai menerangkan. Berikan kartu-kartu yang telah diterangkan kepada siswa yang duduk di dekat guru. Mintalah siswa itu mengamati kartu tersebut, lalu teruskan kepada siswa yang lain hingga semua siswa kebagian. Jika sajian menggunakan jenis atau cara permainan, letakkan kartu-kartu tersebut dalam sebuah kotak secara acak dan tidak perlu disusun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.21. Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:13
Last Modified: 29 Jan 2024 05:13
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item
View Item