repository ptiq

Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa SD Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu

Abdullah, Abdullah (2020) Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa SD Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa SD Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu] Text (Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa SD Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu)
2020-ABDULLAH-2015.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait Pengaruh Sistem Informasi Pendidikan dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Kepuasan Orang Tua Peserta Didik secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu orang tua SD Islam al Azhar 2 Pasar Minggu dengan sampel penelitian sebanyak 133 responden dari total populasi 202orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/ kuesioner. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sistem informasi manajemen pendidikan dengan kepuasan orang tua dengan korelasi sebesar 0,670, sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar 0,449 yang berarti bahwa sistem informasi manajemen pendidikan memberikan pengaruh dengan kepuasan orang tua sebesar 44,9% dan berarti sisianya 55,1% ditentukan oleh faktor lainnya. Untuk arah pengaruh atau koefesien regresi diproleh Ŷ = 59, 045 + 0,567 X1 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor sistem informasi manajemen pendidikan akan mempengaruhi peningkatan skor kepuasan orang tua sebesar 0,567.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial guru dengan kepuasan orang tua dengan koefisien korelasi sebesar 0,546, sedangkan besarnya pengaruh atau koefisien determinasi R-square sebesar 0,558 yang berarti bahwa kompetensi sosial guru memberikan pengaruh dengan kepuasan orang tua sebesar 55,8 % dan sisanya yaitu 44,2% ditentukan oleh faktor lainnya. Untuk arah pengaruh atau koefesien regresi Ŷ = 18,889 + 0,800X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor kompetensi sosial guru akan mempengaruhi peningkatan skor kepuasan orang tua sebesar 0,800.
Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sistem informasi manajemen pendidikan dan kompetensi sosial guru secara bersama sama terhadap kepuasan orang tuadengan koefisien korelasi sebesar 0,810 dan koefisien determinasi R-square sebesar 0,656 yang memberikan pengaruh secara bersama-sama kepadakepuasan orang tua sebesar 65,6% dan sisanya yaitu 34,4% ditentukan oleh faktor lainnya. Koefesien regresi diproleh Ŷ = 11,706 + 0,316X1 + 0,581X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor sistem informasi manajemen pendidikan dan kompetensi sosial guru secara bersama-sama, akan mempengaruhi peningkatan skor Kepuasan Orang Tua sebesar 0,897.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
600. Teknologi dan Ilmu Terapan > 654.408. Manajemen Pertanggungjawaban Sosial
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 31 Aug 2021 05:13
Last Modified: 31 Aug 2021 05:13
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item
View Item