repository ptiq

Pengaruh Komunikasi Persuasif dan Kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pamulangkota Tangerang Selatan

Mufarrohah, Fatihatul (2020) Pengaruh Komunikasi Persuasif dan Kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pamulangkota Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Komunikasi Persuasif dan Kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pamulangkota Tangerang Selatan] Text (Pengaruh Komunikasi Persuasif dan Kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pamulangkota Tangerang Selatan)
2020-FATIHATUL MUFARROHAH-2018.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh komunikasi persuasif dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap etos kerja guru di madrasah ibtidaiyah kecamatan Pamulang secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 86 responden dari total 110 guru sebagai populasi di MIKecamatan Pamulang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket/kuesioner. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji T parsial dan uji F simultan dalam analisis regresi linear berganda dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana dan ganda. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah:
Pertama, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi persuasif terhadap etos kerja guru dengan koefisien determinasi (R2) 0,377 atau sama dengan 37,7%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ= 73,517 + 0,435 X1, artinya bahwa setiap peningkatan satu unit skor komunikasi persuasif (X1) akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor etos kerja guru (Y) sebesar 73,952.
Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan transformasional terhadap etos kerja guru dengan koefisien determinasi (R2) 0,331 atau sama dengan 33,1%. Arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ= 78,825 + 0,379 X2, artinya bahwa setiap peningkatan satu unit skor kepemimpinan transformasional (X2) akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor etos kerja guru (Y) sebesar 79,204.
Ketiga, Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi persuasif dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara simultan terhadap etos kerja guru, dengan koefisien determinasi (R2) 0,377 atau sama dengan 37,7%. Persamaan regresi 69,005 + 0,250 X1 + 0,211 X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap peningkatan skor komunikasi persuasif dan kepemimpinan transformasional secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan etos kerja guru, sebesar 69,46.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 302. Interaksi Sosial > 302.2. Komunikasi
300. Ilmu Sosial > 303. Proses Sosial > 303.3. Koordinasi dan Kontrol > 303.34. Kepemimpinan
300. Ilmu Sosial > 371. Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1. Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Jumardi
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:04
Last Modified: 01 Sep 2021 03:04
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item
View Item