repository ptiq

Penggunaan Mind Mapping Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Padamata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts. Saadatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan

Handayani, Anita (2023) Penggunaan Mind Mapping Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Padamata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts. Saadatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-ANITA HANDAYANI-2021.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Anita Handayani: “Penggunaan Mind Mapping Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Mts. Saadatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik mind mapping pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Sa’adatul MahabbahPamulang Tangerang Selatan. Dan penelitian ini juga bertujuan menemukan model mind mapping yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu, pertama bahwa praktekpenerapan mind mapping dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs.Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan meliputi pertama,penentuan terhadap topik di mana topik dalam hal ini berupa materi yangtengah dipelajara itu sendiri. Kedua penulisan poin penting dari topik itusendiri, di mana poin penting yang dimaksud adalah seluruh gagasan yangmenyangkut topik tersebut. Ketiga, penulisan terhadap kata kunci yangrelevan. Keempat persiapan akan media maupun peralatan. Kelima, mulaimembuat mind mapping dengan menghubungkan setiap poin. Keenam,pemberian gambar ilustrasi. Dan ketujuh, pemberian catatan kecil yangdiperlukan. Praktek mind mapping yang diterapkan di MTs. Sa’adatulMahabbah juga diiringi ataupun dibersamai dengan metode-metode lainnya.Sehingga dalam hal ini praktek mind mapping yang dijalankan tidak berdirisendiri, metode-metode yang lain turut mendukung dalam praktek ini agar terlaksana.
Kedua, bahwa penerapan mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan. Model mind mapping yang meningkatkan motivasi belajar peserta didik meliputi model silabus, model bab, dan model paragaraf. Ketiga model tersebut sama-samamengantarkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sa’adatul Mahabbah Pamulang TangerangSelatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100. Filsafat dan Psikologi > 107. Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 21 Feb 2024 10:25
Last Modified: 21 Feb 2024 10:25
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item
View Item