Mubtadin, Hamim (2023) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Meminimalisasi Perundungan Di Pondok Pesantren Modern Daar El-Azhar Rangkasbitung Banten. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2023-HAMIM MUBTADIN-2019.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian penulis, diketahui bahwa Implementasi pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Daar el- Azhar sudah baik, hal ini dapat dibuktikan dari minimnya kasus perundungan dikalangan santri. Para pengurus pondok pesantren telah menerapkan nilai-nilai Pendidikan multikultural dengan pengajaran tentang keragaman budaya dengan pendekatan asimiliasi kultural yang didalamnya menanamkan nilai-nilai perdamaaian, persaudaraan, persamaan, keadilan, toleransi dan musyawarah. Santri juga ditanamkan pengajaran tentang berbagai pendekatan dalam tata hubungan social, pengajaran tentang prularisme tanpa membedakan strata social, pengajaran tentang refleksi keragaman untuk meningkatkan pluralisme dan kesamaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 03:19 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 03:19 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1467 |