repository ptiq

Implementasi Metode Steammi Dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik Di Tk Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat

Yuliyanti, Yuliyanti (2023) Implementasi Metode Steammi Dalam Pengembangan Potensi Peserta Didik Di Tk Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-YULIYANTI-2021.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode STEAMMI di TK Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat dan untuk menemukan pengembangan potensi peserta didik di TK Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat. Hal ini didasari bahwa potensi setiap peserta didik dapat berkembang secara maksimal dalam proses pembelajaran, sangat penting bagi pendidik untuk memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai. Metode yang efektif adalah yang tidak hanya berfokus pada pengembangan kompetensi akademik, tapi juga mampu mengakomodasi dan memfasilitasi pertumbuhan berbagai potensi lainnya yang dimiliki siswa, seperti minat, bakat, kemampuan kreatif, dan aspek kepribadian. Hal ini berarti pendekatan dalam pembelajaran harus dirancang untuk mengaktifkan partisipasi siswa secara penuh, serta memperhatikan dan menghargai keunikan potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu.
Dalam “Kurikulum merdeka” literasi dan steam (Science, Technology, Engineering, Art. Mathematic) adalah salah satu elemen capaian pembelajaran di PAUD. Dasar-dasar literasi dan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dirancang untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada anak-anak.
Metode STEAM sangat bermanfaat bagi anak usia dini karena dapat menimbulkan imajinasi-imajinasi alamiah dari proses pengamatan langsung dan menambah pengetahuan anak serta akan lebih kreatif. Tujuan dari penerapan metode bermuatan STEAM adalah menghasilkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan mengembangkan daya nalar serta kemandirian anak melalui kegiatan proses pembelajaran.
TK Al-Hamidiyah Depok menerapkan metode pembelajaran STEAM dengan berinovasi menambahkan aspek Montessori Islamic menjadi STEAMMI (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic, Montessori, Islamic).
Penelitian ini telah berhasil mengidentifikasi dan menganalisis implementasi metode STEAMMI di TK Al-Hamidiyah Depok, Jawa Barat. Hasilnya menunjukkan bahwa sekolah telah melaksanakan metode STEAMMI dengan baik, termasuk dalam mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics, Montessori dan Islamic dalam kurikulum dan pembelajaran sehari-hari. Keberhasilan implementasi metode STEAMMI ini didukung oleh komitmen Kepala Sekolah, guru dan staf sekolah, dukungan dari orangtua peserta didik, serta pemilihan materi pembelajaran yang relevan dan menarik. Serta sarana dan fasilitas penunjang yang mendukung implementasi metode STEAMMI. Pendidik di TK Al Hamidiyah telah mengadaptasi metode STEAMMI dengan baik dalam pembelajaran sehari-hari.
Penerapan metode STEAMMI di TK Al-Hamidiyah telah berhasil meningkatkan potensi peserta didik. Hasil penelitian juga mengindikasikan bahwa peserta didik di TK Al-Hamidiyah Depok, Jawa Barat, telah mengalami peningkatan dalam berbagai keterampilan, pemahaman konsep, dan minat terhadap aspek pengembangan anak usia dini melalui metode STEAMMI. Hal ini akan berdampak positif pada apek perkembangan pengetahuan, keterampilan, maupun sikap sosial dan tingkah laku mereka dalam kehidupan sehari-hari dan di masa depan. Metode ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengembangkan berbagai aspek kecerdasan mereka.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar > 372.21. Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:22
Last Modified: 18 Mar 2024 02:22
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item
View Item