repository ptiq

Implementasi Kebijakan Anti Perundungan Untuk Meningkatkan Kenyamanan Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Arcamanik, Bandung

Marfita, Riska (2024) Implementasi Kebijakan Anti Perundungan Untuk Meningkatkan Kenyamanan Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Arcamanik, Bandung. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2024-RISKA MARFITA-2020.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Riska Marfita (202520077) Implementasi Kebijakan Anti Perundungan untuk Meningkatkan Kenyamanan Belajar Peserta Didik di Mi At-Taqwa Arcamanik, Bandung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bahwasanya kebijakan anti perundungan di sekolah sangat penting diterapkan karena dapat membantu mengurangi kurangnya aksi perundungan pada peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan case study. Tempat penelitian ini di Mi At-Taqwa Arcamanik Bandung. Sumber data utama adalah koordinator kesiswaan, koordinator ekstrakurikuler, koordinator keputrian, guru dan tiga siswa-siswi Mi At-Taqwa Arcamanik Bandung. Adapun sumber sekunder adalah buku, jurnal, dan Artikel. Dan sumber dokumenter berupa hasil observasi dan dokumentasi berupa foto. teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data secara induktif model Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa sekolah Mi At-Taqwa Arcamanik Bandung dalam mengantisipasi tindakan perundungan, membuat sejumlah kebijakan anti perundungan, diantaranya: (1). Identifikasi Perundungan yang memiliki 4 aspek, antara lain: (a). bentuk-bentuk perundungan, (b). identifikasi pelaku/korban perundungan, (c). identifikasi dampak buruk perundungan, (d). membuat kedisiplinan dan sanksi. Dan (2). Bekerjasama dengan pihak terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:37
Last Modified: 18 Mar 2024 03:37
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item
View Item