Saihu, Made (2021) Ekspresi Miliu Komersial Arab Makkah dalam Al-Qur’an. Jurnal Mumtaz, 5 (1). ISSN 2087-9125
Naskah Jurnal 16.pdf
Download (3MB)
Abstract
Ekspresi-ekspresi miliu perniagaan masyarakat Arab Makah dalam al-Quran dapat dipahami dan dimaknai secara komersial-teologis. Ekspresi komersial ini disebabkan oleh pergolakan sosial dan pertahanan atas eksistensi masyarakat Arab dalam praktik perekonomian. Dalam artikel ini digunakan metode deskriptif analitik untuk menganalisis makna komersialisasi dan bisnis dalam al-Quran, dengan pendekatan tafsir tematik untuk memfokuskan kepada tema perniagaan sebagai sentralnya. Pemerolehan datanya adalah melalui studi kepustakaan yang terkait dengan tema penelitian dalam artikel ini, untuk kemudian dikontekstualisasikan dengan pesan-pesan teologis dan peristiwa miliu komersialisasi masyarakat Makah. Temuan dalam artikel ini yaitu miliu komersial diekspresikan dalam berbagai bentuk, pertahanan eksistensi hidup (Q.S. [106]: 2). Cakupan terma sentralnya adalah perniagaan Q.S. [2]: 16, 282; Q.S. [4]: 29; Q.S. [9]: 24; Q.S. [24]: 37; Q.S. [35]: 29; Q.S. [61]: 10; Q.S. [62]: 11. Verba-verba komersial yang menjadi basis etika sosial yaitu kasaba (memperoleh keuntungan, berusaha, berbisnis), jază (membayarkan, memberi upah, ganjaran, imbalan), dan aajara (memberi upah, membayar nilai kontrak, imbalan), yang dijadikan sebagai praktik pencegahan atas penyalahgunaan tindakan bisnis yang tidak etis dan eksploitatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200. Agama > 2X1. Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Jurnal Online Universitas PTIQ Jakarta |
Depositing User: | Andi Jumardi |
Date Deposited: | 17 Aug 2021 12:08 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 09:15 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/15 |