repository ptiq

Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kurikulum Integral Berbasis Tauhid (Kibt) Di SD Integral Hidayatullah Depok

Zakiyah, Siti Sarah (2023) Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kurikulum Integral Berbasis Tauhid (Kibt) Di SD Integral Hidayatullah Depok. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-SITI SARAH ZAKIYAH-2020.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menemukan peran Kurikulum Integral Berbasis Tauhid dalam pembentukan karakter peserta didik di tingkat sekolah dasar, dan mengetahui langkah-langkah implementasi kurikulum tersebut sehingga perannya dapat terlihat dan dikatakan berhasil dalam membentuk karakter peserta didik, serta menganalisa kelebihan dan kekurangan dari kurikulum tersebut.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, di mana peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen pada situasi yang wajar atau alamiah, sebagaimana adanya, tanpa dipengaruhi dengan sengaja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Integral Berbasis Tauhid telah memberikan peran yang positif dalam pembentukan karakter peserta didik di tingkat sekolah dasar. Langkah-langkah yang dilakukan dalam rangka menerapkan Kurikulum Integral berbasis Tauhid sehingga tampak perannya pada pembentukan karakter yang dilakukan oleh SD Integral Hidayatullah meliputi: mempersiapkan guru menjadi teladan melalui serangkaian program dan pendampingan, mengintegrasikan nilai tauhid dalam kegiatan belajar mengajar (persiapan, pelaksanaan, penilaian) yang dilakukan oleh guru, menanamkan karakter bernilai tauhid melalui pembiasaan, dan membangun kerjasama yang baik antara sekolah, orang tua, dan masyarakat.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan kepada SD Integral Hidayatullah pada tataran implementasi untuk lebih memfokuskan pada pemahaman guru terhadap nilai-nilai Al-Qur‟an, sehingga mampu mengintegrasikan nilai tauhid dalam pembelajaran secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 12 Jun 2024 05:06
Last Modified: 12 Jun 2024 05:06
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item
View Item