Azizzah, Mughni (2023) Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Annajah Jakarta. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.
2023-MUGHNI AZIZAH-2021.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstract
Mughni Azizzah: “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Madrasah Aliyah Annajah Jakarta”.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mesdeskripsikan manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Annajah Jakarta.Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptifdengan instumen penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode ini digunakan untuk mengobservasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran adapun responden yang diwawancarai adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana, staf tata usaha, dan beberapa guru serta siswanya. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan analisisdeskritif dengan cara menganalisis data yang masih mentah untuk menjadi data yang sistematis sehingga memberikan arti dan dapat menemukan jawaban permasalahan yang sedang penulis teliti di MA Annajah Jakarta.
Kesimpulan tesis ini adalah: (1) Manajemen sarana dan prasarana di MA Annajah Jakarta sudah dilakukan dengan baik melalui tahapan sebagai berikut: a) Perencanaan diawali dengan melihat kebutuhan sarana dan prasarana yang dituangkan dalam kalender pendidikan dan RKJM; b)Pengadaan sarana dan prasarana bersumber dari dana sekolah dan dana BOS;c) Penyimpanan inidilakukan dengan mengelompokkan berdasarkan ruangan, tempat dan kelasnya masing-masingdan proses penyaluran barang-barang yang sudah tidak digunakan di madrasah namun masih layak pakai akan dihibahkan kepada madrasah-madrasah yang membutuhkan;d)Pendayagunaan sarana dan prasarana dilakukan dengan sebaik mungkin agar proses pembelajaran menjadi maksimal;e)Pemeliharaan sarana dan prasaranadilakukan dengan cara berhati-hati dan penuh tanggung jawab; f) Inventarisasi sarana dan prasarana dikoordinir oleh waka bidang sarana dan prasarana dan staf tata usaha yang diawasi oleh kepala madrasah; g) Penghapusanini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah dan membatasi kerugian yang sangat besar. (2)Mutu pembelajaran di MA Annajah Jakarta ini dapat dikategorikan baik dengan indikator: a) Kondisi sumber daya manusianya cukup baik; b) Alat peraga pembelajaran yang disediakan sudah cukup memadai dan terpenuhi; c) Pada saat proses pembelajaran berlangsung, seorang guru berhasil menarik perhatian siswa; d) Dalam proses pembelajaran, guru sudah melakukan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang direncanakan; e) Banyaknya alumni MA Annajah yang di terima di PTN dan prestasi akademis yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.(3) Peran manajemen sarana dan prasarana sangat penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MA Annajah Jakarta. Dengan manajemen sarana prasarana yang baik, dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal serta kenyamanan. Ini memberikan dampak positif pada kualitas pembelajaran, menciptakan siswa MA Annajah yang lebih terlibat, terampil, dan siap menghadapi tantangan masa depan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300. Ilmu Sosial > 373. Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238. Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Mariam |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 09:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 09:20 |
URI: | https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1524 |