repository ptiq

Penerapan Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Belajar Siswa Di Min 1 Kota Jakarta Barat

Fatiati, Nur Azizah (2023) Penerapan Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Belajar Siswa Di Min 1 Kota Jakarta Barat. Masters thesis, Institut PTIQ Jakarta.

[thumbnail of Naskah Tesis] Text (Naskah Tesis)
2023-NUR AZIZAH FATIATI-2021.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Nur Azizah Fatiati: “Penerapan Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Belajar Siswa Di MIN 1 Kota Jakarta Barat.”
Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang penerapan Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi belajar siswa di MIN 1 kota Jakarta Barat. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
MIN 1 kota Jakarta Barat meberapkan Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi belajar siswa dengan perencanaan meliputi tentang aturan main, pemilihan tema proyek serta aktivitas yang dapat mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial dengan mengintegrasikan berbagai subjek yang mendukung, serta menginformasikan alat dan bahan yang dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan proyek.Kedua, langkah-langkah langkah yang dilakukan adalah melakukan pertanyaan pemantik kepada peserta didik mengenai tema proyek yang akan dilaksanakan, kemudian pengenalan proyek, menentukan waktu yang akan digunakan untuk proyek tersebut, pembagian kelompok, monitoring pekerjaan siswa, menysusun laopran, unjuk kerja dan pulkiasi, evaluasi.
Tesis ini menemukan bahwa kemampuan kolaborasi di MIN 1 kota Jakarta Barat pada saat proses pembelajaran dan setelahnya siswa dapat membuat sebuah perencanaan, membuat tugas kelompok, berdiskusi, menyusun laporan dan unjuk kerja hasil proyek denganbaik.
Tesis ini menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kolaborasi siswa MIN 1 Kota Jakarta Barat dengan ditandainya dengan indikator siswa lebih aktif mendengar, bersikap terbuka, menjaga komunikasi, siswa aktif dalam berkelompok di pemecahan masalah, adanya perubahan sikap siswa yang ditandai dengan iman dan taqwa, berakhlakul karimah, dan siswa lebih terkontrol dengan adanya kerja kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300. Ilmu Sosial > 372. Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Tesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti Mariam
Date Deposited: 10 Jul 2024 09:43
Last Modified: 10 Jul 2024 09:43
URI: https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1525

Actions (login required)

View Item
View Item